alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingat Besok Puasa Asyura 10 Muharram, Ini Keutamaannya

Tasmalinda Rabu, 18 Agustus 2021 | 21:07 WIB

Ingat Besok Puasa Asyura 10 Muharram, Ini Keutamaannya
Ilustrasi masjid [pexels-konevi] besok, umat muslim melaksanakan puasa Asyura, 10 Muharram.

Tanggal 19 Agustus 2021 merupakan 10 Muharram, yang disunahkan agar umat muslim berpuasa Asyura.

SuaraSumsel.id - Tanggal 10 Muharram 1443 H, jatuh pada tanggal 19 Agustus 2021. Waktu tersebut disunahkan menjalankan puasa asyura. Meskipun tergolong ibadah sunnah, puasa Asyura memiliki keistimewaan.

Melansir Suara.com, keutamaan puasa asyura dari berbagai sumber, adapun keutamaan puasa asyura, yang jatuh pada 10 muharram, yakni:

Keutamaan Puasa Asyura

Bulan Muharram menjadi bulan yang dimuliakan Allah SWT. Mengerjakan amalan kebaikan di bulan Muharram akan tercurah kebaikan pula kepadanya.

Baca Juga: Sumsel Baru Miliki Dua Pahlawan Nasional, SMB II dan AK Gani

Abu Dzar ra mengatakan, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: "Malam apakah yang lebih baik dan bulan apakah yang lebih utama?", lalu beliau menjawab" "Sebaik-baiknya malam adalah pertengahannya. Bulan yang paling utama adalah bulan Allah yang kalian sebut Muharram", (HR. An-Nasa'i). 

Puasa utama setelah puasa Ramadhan

Puasa di bulan Muharram adalah yang paling utama setelah puasa Ramadhan. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra, yang artinya puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram.

"Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam", (HR. Muslim). 

Puasa yang dapat dikerjakan pada bulan Muharram adalah puasa Tasu'a dan puasa Asyura. Puasa Tasu'a dan puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke 9 dan 10 bulan Muharram.

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan di Sumsel, Berikut Prakiraan Cuacanya

Diampuni dosa satu tahun yang lalu

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait