alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Fakta Pahlawan AK Gani: Orator Ulung, Dokter Penyuka Seni, dan Penyelundup Senjata

Tasmalinda Selasa, 17 Agustus 2021 | 08:55 WIB

7 Fakta Pahlawan AK Gani: Orator Ulung, Dokter Penyuka Seni, dan Penyelundup Senjata
AK Gani [dok istimewa] Perjalanan AK Gani: Gagas Sumpah Pemuda hingga Pimpin Perang Bersenjata

Nama AK Gani memang melekat di perjuangan masyarakat Palembang, Sumatera Selatan.

SuaraSumsel.id - Nama AK Gani telah tergores sebagai sosok pahlawan nasional dari Sumatera Selatan. Ia aktif dalam perjuangan mulai dari pra kemerdekaan hingga sempat pindah ke Jakarta karena masuk pada kabinet pemerintahan Presiden Soekarno.

Berikut fakta-fakta mengenai AK Gani yang dikenal sebagai penyebar berita kemerdekaan RI sekaligus Gubernur pertama Sumsel:

1. Aktif melahirkan sumpah pemuda

Ia merupakan Gubernur pertama Sumatera Selatan, yang sejak berusia muda juga bergeriliya di organisasi-organisasi kepemudaan. Tahun 1928, AK Gani aktif dalam kongres pemuda II yang melahirkan sumpah pemuda.

Baca Juga: Sumsel Ekspor 8,980 Ton Komoditas Senilai Rp 138 Miliar ke 4 Negara

Mulanya, AK Gani merupakan pelajar STOVA di Jakarta. Pahlawan kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini pernah menjadi anggota Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia pada tahun 1929, dan tahun 1931, AK Gani menjadi anggota Pertindo.

Enam tahun setelahnya, mendirikan Gerakan Rakyat Indonesia atau Gerindo sebagai Ketua dan pada tahun 1938, membentuk GAPI atau Gabungan Politik Indonesia sebagai seketaris.

2. Pernah Ditahan dan disiksa

Pada masa Jepang, AK Gani pernah ditahan, tepatnya September 1942 hingga Oktober 1943. Hampir setahun ditahan dan mendapatkan siksaan yang kejam, tidak menyusutkan semangat juang AK Gani.

dokumentasi AK Gani [dok sejarahwan Palembang]
dokumentasi AK Gani [dok sejarahwan Palembang]

Ia ditahan karena menjadi pemimpin yang bersifat anti fasis. Laly, dan dibebaskan dengan adanya campur tangan diplomatis Soekarno pada tahun 1943-1944.

Baca Juga: Mentan Siapkan Sumsel Jadi Penghasil Tanaman Porang yang Kuasai Pasar Dunia

3. Seorang dokter penyuka seni

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait