facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Palembang Kini Punya Kampung Bahari Nusantara di Tepian Sungai Ogan

Tasmalinda Selasa, 15 Juni 2021 | 16:48 WIB

Palembang Kini Punya Kampung Bahari Nusantara di Tepian Sungai Ogan
Dan Lanal Palembang menandatangi peresmian Kampung Bahari Nusantara [Andika/Suara.com] Palembang Kini Punya Kampung Bahari Nusantara di Tepian Sungai Ogan

Kampung bahari merupakan insiasi dari TNI AU, tepatnya berada di Kelurahan 15 Ulu Palembang, tepian Sungai Ogan.

SuaraSumsel.id - Kota Palembang, Sumatera Selatan kini memiliki kampung bahari Nusantara yang merupakan program yang diinisiasikan Komandan Lanal Palembang sekaligus pemerintah daerah.

Lokasinya di Kelurahan 15 Ulu, tepat di tepian Sungai Ogan, Jakabaring Palembang. Peresmian kampung bahari nusantara berlangsung hari ini, Selasa (15/6/2021). 

Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari mengatakan kampung bahari nusantara salah program Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono guna memberdayakan potensi maritim di perairan. 

Untuk di Palembang sengaja dipilih kampung 15 Ulu karena pantas dibantu karena masyarakat heterogen rata rata mata pencarian nya tidak tetap.

Baca Juga: Cegah Peredaran Narkoba, Polda Sumsel Bakal Bangun Kampung Tangguh

"Untuk mengangkat ekonomi masyarakat disekitar ini kami buatkan tambak budidaya ikan lele, cara menanam sayur hidroponik, pendidikan kami mendirikan rumah pintar,  untuk pariwisata kami melestarikan perahu bidar, untuk pertahanan kami berdayakan pemuda setempat sedangkan untuk kesehatan kami mendirikan posyandu dan posko kesehatan bagi warga sekitar,"katanya usai peresmian. 

Di kampung bahari nusantara, ini prioritas yang akan dikembangkan adalah cluster pendidikan rumah pintar untuk pelajar di sekitar kampung bahari. 

"Konsep rumah pintar yang kami bangun berbeda dari rumah pintar yang sudah ada. Konsep rumah pintar yang akan bangun yakni merubah mainseat cara belajar menghafal kata khusus nya bahasa inggris terbukti baru beberapa minggu anak anak disini sudah hafal 300 kata,"paparnya.

Kampung bahari nusantara ini dibentuk untuk mengangkat potensi maritim di tepian sungai Ogan.

Di kampung bahari nusantara ini terdapat lima cluster pendidikan dengan berdiri rumah pintar, cluster ekonomi budidaya ikan lele, pariwisata pelestarian perahu bidar, cluster pertahanan pemberdayaan pemuda setempat dan cluster kesehatan pendirian posyandu.

Baca Juga: Sumsel Mengajukan Jadi Tuan Rumah Raker Pariwisata Nasional Tahun Ini

Walikota Palembang H Harnojoyo mengapresiasi kehadiran kampung bahari nusantara yang dibentuk Lanal Palembang khususnya cluster pendidikan. Selain cluster pendidikan ada beberapa cluster lainnya yang seluruhnya berjumlah lima cluster di Kampung bahari di kelurahan 15 Ulu ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait