alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kontrol Kolesterol saat Lebaran, Imbangi dengan Makanan Ini

Tasmalinda Kamis, 13 Mei 2021 | 12:05 WIB

Kontrol Kolesterol saat Lebaran, Imbangi dengan Makanan Ini
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

Berlebaran memang disajikan dengan beragam makanan yang memicu kolesterol naik. Imbangi makanan di bawah ini, guna mengontrol kolesterol.

SuaraSumsel.id - Kolesterol  bermanfaat bagi tubuh, tapi jika kadar kolesterol lebih dari 200 mg/dl, justru berdampak buruk bagi tubuh bahkan bisa jadi memicu penyakit jantung dan stroke.

Kolestertol tinggi disebabkan penumpukan lemak jenuh pada pembuluh darah. Hal tersebut menyebabkan terganggunya aliran darah. Guna mengontrol kolesterol saat lebaran seperti hari ini, imbangi makan lima makanan ini.

1. Makanan Kaya Lemak Tak Jenuh

Lemak jenuh adalah penyebab utama kolesterol naik. Kandungan itu biasanya dihasilkan dari makanan yang berasal dari hewan, termasuk daging, lemak daging, keju, dan susu.J

Baca Juga: Gubernur Sumsel: Wisma Atlet Palembang Disiapkan untuk Isolasi Covid-19

ika selama lebaran terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, sebaiknya imbangi makanan yang kaya dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bisa didapatkan dari minyak nabati dan minyak zaitun.

Ikan berminyak juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat, khususnya lemak omega-3. Usahakan untuk mengonsumsi dua porsi ikan per minggu. Paling tidak salah satunya harus berminyak.

Aneka buah dan sayuran. [shutterstock]
Aneka buah dan sayuran. [shutterstock]

2. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Kebanyakan buah dan sayur mengandung sedikit atau bahkan tidak ada lemak dan juga rendah kalori.

Buah dan sayuran juga tinggi serat, dan beberapa jenis serat dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat membantu menghalangi sejumlah kolesterol agar tidak diserap dari usus ke dalam aliran darah.

Baca Juga: Waspada, Lebaran Idul Fitri Sumsel Dilanda Cuaca Ekstrem

Kacang polong, ubi jalar, terong, brokoli, apel, stroberi, dan prem merupakan pilihan yang baik untuk kolesterol. Jus buah dan smoothie tanpa pemanis juga bisa dikinsumsi. Tetapi hanya direkomendasikan dalam satu porsi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait