alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Pemudik, Pelabuhan Kecil di Bangka Belitung Dijaga Ketat Petugas

Tasmalinda Minggu, 09 Mei 2021 | 10:00 WIB

Cegah Pemudik, Pelabuhan Kecil di Bangka Belitung Dijaga Ketat Petugas
Kapolda Babel, Irjen Anang Syarif Hidayat saat meninjau kesiapan personel menjaga pintu masuk dan keluar pemudik melewati pelabuhan tikus, Sabtu (8/5) (ANTARA/ahmadi)

Sejumlah petugas menjaga pelabuhan kecil atau tikus di perairan Bangka Belitung guna mencegah pemudik.

SuaraSumsel.id - Sejumlah pelabuhan "tikus" atau pelabuhan kecil dijaga ketat Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung guna mencegah pemudik melintas.

"Sejumlah pelabuhan kecil dan pelabuhan tikus kita jaga dengan ekstra ketat, karena berpotensi dijadikan pintu masuk dan keluar para pemudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah," kata Kapolda Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat di Koba, dilansir dari ANTARA, Minggu (9/5/2021).

Kapolda mengatakan itu saat meninjau persiapan personel pengamanan di sejumlah pelabuhan kecil di antaranya Pelabuhan Sungaiselan, Tanjungpura dan Pulau Nangka.

"Sejumlah pelabuhan kecil rutin dijadikan lalu lintas orang, sehingga berpotensi terjadi penyebaran kasus COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Ketua PWNU Sumsel Tetap Ingin Masjid Gelar Salat Id, Ini Penjelasannya

Ia mengatakan berbagai kemungkinan dan upaya bisa dilakukan masyarakat untuk tetap memaksakan mudik melalui pelabuhan kecil.

"Kami harus mengantisipasi kemungkinan adanya kapal barang yang masuk, namun di dalamnya membawa sejumlah penumpang," ujarnya.

Selain itu, kemungkinan adanya perahu cepat yang membawa penumpang dari jalur Sumatera Selatan menuju Pelabuhan Sungaiselan melalui dermaga nelayan yang ada disepanjang alur sungai maupun jalur tikus.

"Harus dilakukan antisipasi dini dan patroli di sekitar pelabuhan, jika ditemukan kapal merapat wajib diperiksa dan tidak dibenarkan orang turun dari kapal," ujarnya. (ANTARA)

Baca Juga: Pintu Masuk Utara Sumsel, Pemudik Bengkulu Diputar Balik di Lubuklinggau

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait