alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudik Lokal, Pemprov Sumsel Gratiskan Tes Antigen Covid 19

Tasmalinda Kamis, 29 April 2021 | 03:41 WIB

Mudik Lokal, Pemprov Sumsel Gratiskan Tes Antigen Covid 19
Pemudik [ANTARA FOTO/Budi Candra Setya] Pemprov Sumsel menggratiskan antigen Covid 19.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru memberikan kebijakan gratis tes antigen Covid 19 kepada pemudik lokal.

SuaraSumsel.id - Pemerintah Provinsi menggratiskan tes antigen COVID 19 di posko-posko penyekat bagi warga yang melaksanakan mudik jika tidak dapat menunjukkan surat keterangan sudah tes COVID-19.

Aturan tersebut dibuat Herman Deru dalam bentuk Surat Edaran Nomor 025/SE/Dishub/2021 tentang perjalanan lalu lintas dalam rangka menghadapi hari Raya idul Fitri 1442 H, Rabu.

"Jika dites antigen ternyata positif maka wajib isolasi mandiri, kalau ternyata ada komorbid juga maka isolasi di rumah sakit," ujarnya dilansir dari ANTARA.

Ia menggratiskan tes antigen tersebut sebanyak-banyaknya demi memastikan setiap pemudik antar kabupaten/kota tidak membawa COVID-19 saat pulang kampung.

Baca Juga: Tewas Ditembak KKB, Jenazah Bharatu Komang Dimakamkan di Sumsel

Sebelumnya ia telah membolehkan mudik lokal dengan syarat membawa hasil negatif tes antigen atau PCR.

Namun bagi pemudik yang belum memiliki keperluan mendesak, Deru meminta untuk menunda perjalanan mudik demi mencegah penularan COVID-19, sebab saat ini Sumsel mulai mengalami pelonjakan kasus konfirmasi positif.

"Kasus yang melonjak itu sebenarnya hampir di seluruh Pulau Sumatera tidak hanya Sumsel, maka itu berulangkali saya imbau prokes jalankan dan jalankan," kata dia menambahkan.

Data COVID-19 Dinkes Sumsel per 27 April mencatat total kasus konfirmasi positif telah mencapai 20.068 kasus dengan angka kesembuhan berjumlah 17.712 orang (88,26 persen) dan meninggal 979 kasus (4,86 persen).

Selain itu Kota Palembang dan Kabupaten OKU Timur kembali ke wilayah zona merah COVID-19, sedangkan 13 kabupaten/kota lainnya naik ke status zona merah dan hanya dua wilayah zona kuning.

Baca Juga: Kasus Covid 19 Sumsel Malah Meningkat Usai PPKM Mikro Tahap I

Deru mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan terutama menggunakan masker, sebab ia menilai aktifitas akan tetap aman selama masyarakat menggunakan masker. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait