alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Covid 19 Palembang Dihentikan saat Ramadan, Stok Vaksin Disimpan

Tasmalinda Kamis, 08 April 2021 | 18:54 WIB

Vaksinasi Covid 19 Palembang Dihentikan saat Ramadan, Stok Vaksin Disimpan
ilustrasi vaksinasi - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika) Vaksinasi Covid 19 Palembang Dihentikan saat Ramadan, Stok Vaksin Disimpan

Pemerintah Kota Palembang menghentikan proses vaksinasi covid 19 selama Ramadan, dan menyimpan stok vaksin yang dimiliki saat ini.

SuaraSumsel.id - Pemerintah kota Palembang resmi menghentikan vaksinasi covid 19 saat bulan Ramadan. Hal ini dilakukan karena khawatir kondisi penerima vaksin karena tengah menjalankan ibadah puasa.

Hal ini diungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang ( Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang Mirza Susanti, Kamis (8/4/2021).

Menurut ia, meski berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 13 tahun 2021, memperbolehkan umat muslim menerima vaksin meski berpuasa sekaligus vaksinasi tidak membatalkan ibadah puasa.  Tapi, pemerintah mempertimbangkan kondisi penerima vaksin covid 19 saat berpuasa.

“Memang fatwa MUI memperbolehkan, tetapi kita khawatir melihat kondisi penerima vaksin yang tengah berpuasa cukup lemah,”katanya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Istri di Palembang Tepergok Suami saat Mesum dengan Pria Lain dalam Mobil

Menurut Mirza, penundaan vaksinasi selama Ramadan, ialah upaya mencegah terjadi kondisi yang tidak diinginkan Ketika kondisi tubuh penerima vaksin tidak fit.

Kekinian, Dinas Kesehatan masih melanjutkan vaksinasi bagi para lansia, guru dan dosen yang masuk dalam katagori yang diprioritaskan menerima vaksin covid 19.

Adapun, ketersediaan vaksinasi di Palembang masih mencapai 11.1000 dosis yang ditargetkan guna vaksinasi dosis kedua.

“Sedangkan dosis pertama dihentikan terlebih dahulu,” ucap ia.

Proses vaksinasi covid 19 akan dilanjutkan setelah Idul Fitri mendatang. Proses vaksinasi akan menggunakan stok vaksin sinovac yang ada saat ini, sembari menunggu alokasi vaksin covid 19 yang baru tiba.
 

Baca Juga: Walhi: Pengembangan Pulau Kemaro Ancam Keberlangsungan Ekologis Palembang

Kontributor: Fitria

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait