facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tinjau Pelabuhan Tanjung Carat, Menhub Budi: Presiden Ingin Segera Dibangun

Tasmalinda Minggu, 21 Februari 2021 | 11:33 WIB

Tinjau Pelabuhan Tanjung Carat, Menhub Budi: Presiden Ingin Segera Dibangun
Menteri Budi Karya Soemadi saat meninjau pelabuhan Tanjung Carat [dok Pemprov]. Presiden Jokowi ingin, pelabuhan Tanjung Carat segera dibangun.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karyana mengungkapkan jika Presiden menginginkan pelabuhan Tanjung Carat mulai dibangun akhir tahun ini.

SuaraSumsel.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelabuhan laut dalam Tanjung Carat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api, Sabtu (20/2/2021).

Ia memastikan kelayakan pelabuhan Tanjung Carat dapat dibangun menjadi pelabuhan laut pertama di Sumatera Selatan.

"Presiden ingin ground breaking Pelabuhan Tanjung Carat dilakukan tahun ini dengan target selesai pada 2023," kata Budi Karya Sumadi di Kota Palembang, seperti dilansir ANTARA.

Pelabuhan Tanjung Carat sudah layak dibangun jika melihat aksesibilitas yang hanya berjarak tujuh kilometer dari KEK Tanjung Api-Api dengan draft ke dalaman laut mencapai 12-18 meter.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, BPBD Sumsel Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor

Selain itu, jalan dari terminal peti kemas ke bibir pantai hanya terpaut 500 meter.

Menhub yang didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru menyebut masih ada beberapa persoalan yang perlu dibenahi sebelum ground breaking dimulai, namun secara umum Pelabuhan Tanjung Carat dalam kondisi baik.

Proyeksi pembangunan Tanjung Carat [Dok.Pemprov Sumsel]
Proyeksi pembangunan Tanjung Carat [Dok.Pemprov Sumsel]

"Setelah ini akan dirapatkan kembali terkait fisibility study pembangunanya, baru setelah itu tender untuk sarana dan prasarananya," kata Budi.

Pengerjaan proyek tersebut akan dilakukan investasi oleh pemerintah maupun swasta, pihaknya telah mengundang swasta yang berminat membangun pelabuhan laut dalam di Kabupaten Banyuasin itu.

Namun dukungan mendirikan Pelabuhan Tanjung Carat sudah diberikan pemerintah pusat dengan siap mengucurkan dana sekitar Rp300 miliar.

Baca Juga: Menjadi Ornamen Wajib Gedung Pemerintahan di Sumsel, Ini Filosofi Tanjak

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan Pelabuhan Tanjung Carat tidak memiliki halangan teknis untuk segera dibangun setelah kajian titik ideal pelabuhan diperoleh dan diyakinkan lagi oleh Menhub Budi Karya.

"November 2021 segera di ground breaking," tegas Deru.

Pihaknya juga memastikan 461 hektare dari 600 hektare lahan yang disiapkan untuk Pelabuhan Tanjung Carat sudah berstatus clean and clear.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait