facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cuaca Ekstrem, BPBD Sumsel Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor

Budi Arista Romadhoni Minggu, 21 Februari 2021 | 06:48 WIB

Cuaca Ekstrem, BPBD Sumsel Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor
Ilustrasi banjir dan longsor akibat cuaca ekstrem di Provinsi Sumsel. (Pixabay/Hermann)

Cuaca Ekstrem Melanda, Sumsel siaga bencana banjir dan tanah longsor

SuaraSumsel.id - Cuaca Ekstrem diprediksi masih akan terjadi di Provinis Sumatra Selatan (Sumsel). Antisipasi bencana pun harus diwaspadai oleh masyarakat. 

Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor di enam kabupaten. Hal itu untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang masih terjadi. 

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan, penetapan ini berdasarkan hasil pemetaan terhadap daerah rawan bencana pada masa musim penghujan atau cuaca ekstrem saat ini.

Keenam daerah itu, Kabupaten Musi Banyuasin yang meliputi Batang Hari Leko, Babat Toman, Sanga Desa, Plakat Tinggi, Sungai Keruh, Lais, Sekayu, Lawang Wetan.

Baca Juga: Diguyur Hujan Semalaman, Tangsel Banjir Hingga Setinggi Leher Orang Dewasa

Kemudian, Kabupaten Musi Rawas Utara meliputi Nibung, Rawas Ulu, Ulu Rawas, Karang Jaya, Rupit, Rawas Ilir, Karang Dapo. Kabupaten Musi Rawas yang meliputi Muara Lakitan, Muara Kelingi, Bulang Tengah Suku Ulu.

Selanjutnya, Kabupaten Muara Enim meliputi Ujan Mas, Gunung Megang, Rambang Dangku, Muara Enim, Benakat, Belimbing. Lalu, Kabupaten Lahat yang meliputi Merapi Timur dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang meliputi Talang Ubi, Tanah Abang, Penukal, Penukal Utara.

“Status siaga ini berlaku hingga masa musim penghujan berakhir,” kata Iriansyah dilansir dari ANTARA di Palembang, Sabtu (20/1/2021). 

Penetapan status siaga bencana banjir dan longsor ini juga merujuk pada hasil pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Oleh karena itu wilayah yang masuk dalam kawasan bencana harus dipersiapkan pada langkah-langkah mitigasi dan antisipasi.

Baca Juga: Warga Kota Bekasi Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Adapun perkiraan dampak, di antaranya sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir, kerusakan rumah dan bangunan lainnya, sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait