alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tol Kayuagung-Palembang Dibuka, Jarak Tempuh Bakauheni-Palembang 3,5 Jam

Tasmalinda Selasa, 26 Januari 2021 | 12:36 WIB

Tol Kayuagung-Palembang Dibuka, Jarak Tempuh Bakauheni-Palembang 3,5 Jam
Presiden Jokowi menandatangi plakat peresmian [Youtube]

Presiden Jokowi meresmikan sekaligus membuka tol Palembang - Kayuagung, hari ini.

SuaraSumsel.id - Jalan tol Palembang - Kayuagung yang menjadi ruas jalan tol Palembang - Kayuagung - Betung atau dikenal dengan ruas jalan tol Kapal Betung, diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (26/1/2021).

Peresmian yang berlangsung di tengah guyuran hujan itu, Joko Widodo atau Jokowi menyatakan jarak tempuh perjalanan darat di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menjadi lebih singkat.

Hadir bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, para Staf Kepresiden, para bupati dan walikota yang daerahnya menjadi perlintasan jalan tol.

Dikatakan Jokowi, peresmian jalan tol mampu mempersingkat  jarak tempuh perjalanan darat. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Kapal Betung, Palembang Diguyur Hujan

Jika jarak Bakauheni dan Palembang mencapai 373 km dan biasanya ditempuh dengan 12 jam perjalanan darat. Maka dengan dibukannya jalan tol Palembang - Kayuagung, hanya bisa memakan waktu 3-3,5 jam.

"Dengan waktu yang bisa dipersingkat hingga 75 %, maka ini sebuah lompatan besar bagi ekonomi daerah," ujar Jokowi dalam sambutan peresmiannya.

Presiden Joko Widodo tiba di Palembang [Youtube]
Presiden Joko Widodo tiba di Palembang [Youtube]

Jalan tol Palembang - Kayuagung yang diresmikan Jokowi sepanjang 42,5 km. Jalan tol ini dianggap sebagai jalan tol poros utama setelah jalan poros utama lainnya beroperasi.

"Terhitung hari ini sudah bisa digunakan, ini merupakan jalan poros terpenting bagi jalan Tol Trans Sumatera," ungkap Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo tiba di Bandara SMB II Palembang sekira pukul 11.00 wib dan langsung menuju lokasi peresmian jalan tol.

Baca Juga: Andi Arief Sindir Presiden Jokowi, Dewi Tanjung Ungkit Dosa Dosa SBY

Dengan menggunakan jaket merah, Presiden Jokowi pun berbincang dengan para bupati dan wali kota. Hadir Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar, Wali Kota Palembang, Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam dan Bupati Banyuasin, Askolani.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait