Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pempek Kentang, Inovasi Olahan Ikan Khas Palembang

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 19 September 2020 | 14:27 WIB

Pempek Kentang, Inovasi Olahan Ikan Khas Palembang
Pempek Kentang. [Rio Adiprama/Suara.com]

Pempek iniberbahan dasar ikan sama pada umumnya. Namun, pempek satu ini dibuat tanpa menggunakan tepung melainkan dengan kentang.

SuaraSumsel.id - Kota Palembang, Sumatera Selatan memiliki banyak daya tarik. Mulai dari cantiknya Jembatan Ampera hingga keragaman kulinernya yang selalu mampu menggoyang lidah.

Salah satu kuliner khas Palembang adalah pempek. Rasa olahan ikan ini sudah tidak asing di lidah warga Indonesia. Maklum, hampir di setiap kota terdapat penjual pempek.

Namun, pempek ternyata memiliki beberapa varian. Salah satunya pempek kentang.

Pempek tersebut bisa dijumpai tak jauh dari pusat kota. Lokasinya berada di Jalan HBR Moetik, Nomor 2214, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang

Lantas, apa yang membedakan pempek kentang tersebut dengan pempek pada umumnya?

Saat ditemui di lokasi, Owner Pempek Kentang 1NDAH yakni Indah Pratiwi mengatakan pempek inovasinya itu berbahan dasar ikan sama pada umumnya. Namun, pempek satu ini dibuat tanpa menggunakan tepung melainkan dengan kentang.

“Kan biasanya orang-orang kalau bikin pempek pakai tepung tapioka. Nah, pempek ini tanpa tepung, tapi kita ganti pakai kentang,” ujar wanita berhijab ini kepada Suara.com pada Sabtu (19/9/2020).

Pempek kentang tersebut tentunya begitu memanjakan lidah bagi penikmatnya. Sebab, saat disantap pempek itu begitu lembut dengan rasa ikannya yang lebih terasa sekali.

“Pempek itu memang tidak keras, apalagi kenyal. Tapi, lebih lembut, empuk, dan lebih terasa ikannya. Ya, ibaratnya seperti menyantap siomay lah,” ucap Mba Indah, sapaan akrabnya.

Selain itu, ia menyebut pempek kentang yang telah diproduksinya sejak 2010 lalu pun secara alamiah khasiat dan manfaat kentang itu sendiri sangat baik bagi tubuh manusia.

“Karena mengandung gizi baik, ya bagus untuk kesehatan. Apalagi untuk yang memiliki kadar gula darah tinggi, pempek ini sangat aman,” tambah dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait