Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung Hadiri Sidang Tahunan MPR, Baju Adat Paksian

Tasmalinda Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:48 WIB

Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung Hadiri Sidang Tahunan MPR, Baju Adat Paksian
Presiden Jokowi memilih Baju Paksian asal Provinsi Bangka Belitung, Selasa, 16 Agustus 2022 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Untuk sidang tahunan kali ini, Jokowi memilih baju adat paksian dari Provinsi Bangka Belitung.

SuaraSumsel.id - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Selasa (16/8/2022). Untuk sidang tahunan kali ini, Jokowi memilih baju adat paksian dari Bangka Belitung.

Sekretaris Presiden Jokowi Anggit Nugroho menceritakan kalau Jokowi memerintahkan sekretaris pribadi (sespri) presiden untuk menyiapkan baju ada yang bakal dipakai pada pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2022 dan Upacara Peringatan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

Sespri presiden lantas mengumpulkan baju-baju adat dari daerah yang belum dikenakan oleh Jokowi sebelumnya. Pilihan kemudian mengerucut menjadi tiga buah.

"Untuk tanggal 16 presiden memilih baju adat Paksian dari Bangka Belitung," kata Anggit dalam keterangannya, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: BMKG: Pada Siang Ini, Daerah di Sumsel Bakal Diguyur Hujan Deras

Baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka.

Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon. Pada baju yang dikenakan Jokowi terdapat ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung.

"Sebenarnya warna asli baju adat Ini berwarna merah, namun selaras dengan perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera pemakainya," terang dia.

Melansir ANTARA, baju adat tersebut diperoleh langsung dari perajin lokal di Bangka Belitung. Baju tersebut dijahit hanya dalam waktu tiga hari.

"Setelah jadi, baju adat dibawa dari Bangka Belitung menuju Jakarta," ucapnya. [ANTARA]

Baca Juga: 257 Warga Binaan di Sumsel Diusulkan Bebas Saat Perayaan HUT RI ke 77

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait