facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Daftar 9 Kecamatan di OKU Rawan Banjir saat Hujan Lebat

Wakos Reza Gautama Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:15 WIB

Daftar 9 Kecamatan di OKU Rawan Banjir saat Hujan Lebat
Ilustrasi banjir di Baturaja, OKU. Sebanyak 9 kecamatan di OKU rawan banjir. [ANTARA]

Di OKU sendiri, kata dia, potensi banjir akibat hujan lebat mengancam warga di sembilan kecamatan

SuaraSumsel.id - Sebanyak 9 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi dilanda bencana banjir akibat intensitas curah hujan tinggi.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Gunalfi menerangkan, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial terpantau aktif di wilayah Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan, gelombang atmosfer tersebut menyebabkan hujan sedang hingga lebat yang diprediksi terjadi beberapa hari ke depan hingga berpotensi menyebabkan bencana banjir di beberapa daerah di Sumatera Selatan, termasuk di Kabupaten OKU.

Di OKU sendiri, kata dia, potensi banjir akibat hujan lebat mengancam warga di sembilan kecamatan meliputi Lubuk Raja, Lubuk Batang, Semidang Aji, Baturaja Timur, Baturaja Barat, Sosoh Buay Rayap, Lengkiti, Pengandonan, dan Kecamatan Muara Jaya karena berada di dataran rendah.

Baca Juga: Diterjang Angin Puting Beliung, Rusmaini Lari Berhamburan Lihat Seng Rumah Beterbangan

Terkait hal itu, ia mengimbau agar masyarakat khususnya yang bermukim di kawasan sepanjang daerah aliran sungai (DAS) untuk meningkatkan kewaspadaan agar bencana alam tidak menimbulkan korban jiwa.

Untuk mengantisipasi bencana banjir, lanjut dia, BPBD Kabupaten OKU juga telah mendirikan posko penanggulangan bencana di setiap kecamatan, khususnya di daerah rawan bencana tersebut.

Setiap posko disiagakan personel penanggulangan bencana alam dari BPBD Kabupaten OKU agar banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin.

BPBD Kabupaten OKU juga sudah melayangkan surat peringatan dini bencana alam kepada seluruh pemerintah kecamatan di wilayah setempat.

"Termasuk peralatan penanggulangan bencana seperti perahu karet untuk mengevakuasi korban sudah siap menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja," ujarnya. (ANTARA)

Baca Juga: Viral Tol Serpong-Bintaro Terendam Banjir, Pengelola: Kali Benda Meluap

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait