facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hutama Karya: 2,6 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Saat Mudik Lebaran Tahun Ini

Tasmalinda Rabu, 11 Mei 2022 | 07:05 WIB

Hutama Karya: 2,6 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Saat Mudik Lebaran Tahun Ini
Ilustrasi kemacetan jalan tol. Sebanyak 2,6 Juta kendaraan lintasi JTTS saat Mudik Lebaran tahun ini [Foto: ANTARA]

PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 2,69 juta kendaraan melintas di seluruh ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh BUMN tersebut.

SuaraSumsel.id - PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 2,69 juta kendaraan melintas di seluruh ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh BUMN tersebut.

Jumlah itu, baik yang telah beroperasi secara penuh maupun secara fungsional selama mudik Lebaran 1443 Hijriah,  25 April – 9 Mei 2022.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan meskipun masih banyak pemudik di Pulau Sumatra yang belum kembali ke daerah asal, namun lonjakan lalu lintas arus balik telah terjadi pada Minggu (7/5).

“Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS pada Minggu (7/5) dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui Exit Gate Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” kata Dwi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Mengumbar Perselingkuhan di Media Sosial, Polwan di Sumsel Ingin Suaminya Dipecat Sebagai ASN

Angka tersebut merupakan akumulasi dari 7 (tujuh) ruas yang telah dioperasikan yakni Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Palembang – Indralaya (Palindra), Pekanbaru – Dumai (Permai), Medan – Binjai, Ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat), Sigli – Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4) serta ruas fungsional yakni Bengkulu – Taba Penanjung dan Pekanbaru – Bangkinang.

Dwi menyampaikan hasil evaluasi dari periode Mudik Lebaran tahun ini, di mana meskipun terdapat lonjakan trafik di JTTS, namun tidak terjadi kemacetan yang berarti berkat strategi dan persiapan matang yang diterapkan di lapangan, antara lain penerapan sistem holding di rest area dengan mengarahkan kendaraan masuk ke rest area untuk mengurangi penumpukan di gerbang tol hingga jalur alternatif.

“Sejak H-2 bulan sebelum mudik, kami telah mempersiapkan berbagai pelayanan dan simulasi jalur alternatif agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan pemudik,” katanya.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan booth-booth pembelian tiket ferry di rest area bekerja sama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), penambahan mobile reader & topup asongan, peringatan melalui VMS & speaker di Gerbang Tol & rest area, memperbanyak fasilitas toilet & SPBU.

Hutama Karya juga bekerja sama dengan pihak kepolisian daerah setempat melaksanakan vaksinasi gratis di rest area, menyiapkan jalur alternatif apabila terjadi antrean hingga menyediakan informasi mudik secara lengkap dengan pembagian flyer dan buku panduan digital serta melalui website perusahaan dan aplikasi HK Toll Apps.

Baca Juga: Polwan di Sumsel Suci Trending Twitter, Ceritakan Suami Berselingkuh "Layangan Putus" Versi ASN

“Alhamdulillah dengan strategi dan antisipasi yang telah disiapkan, seluruh pelayanan mudik di jalan tol yang dikelola Hutama Karya tahun ini berjalan dengan lancar. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian, Dinas Perhubungan, ASDP, BNPB, Pemprov daerah setempat serta pihak-pihak terkait lainnya sehingga proses Mudik Lebaran 1443 Hijriah berlangsung aman dan nyaman bagi semua pemudik," kata EVP Divisi OPT Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait