facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berlahan tapi Pasti, Harga Cabai dan Bawang di Palembang Merangkak Naik Jelang Lebaran

Tasmalinda Rabu, 27 April 2022 | 04:35 WIB

Berlahan tapi Pasti, Harga Cabai dan Bawang di Palembang Merangkak Naik Jelang Lebaran
Pedagang sayur mayur di Palembang [Suara.com/Melati Putri Arsika]

Harga bawang dan cabai di Palembang terus naik jelang Lebaran tahun ini.

SuaraSumsel.id - Harga komoditas di Palembang, Sumatera Selatan meski berlahan tapi pasti mengalami kenaikan. Setidaknya dua komoditas seperti cabai dan bawang mengalami peningkatan beberapa hari terakhir.

Salah seorang pedagang cabai di pasar 16 Ilir Palembang,  Rusmiati mengatakan kenaikkan harga tersebut sudah terjadi dua hari belakangan. Menurutnya, harga bawang merah mengalami peningkatan paling banyak.

"Bawang merah ini lusa lalu sempat Rp28.000 per kilogram, sekarang modalnya saja sudah Rp.30.000 lebih. Kita jual di harga Rp. 38.000 per kilogram," ujarnya di sela-sela memilih bawang, Selasa (26/4/2022).

Harga bawang putih masih stabil di angka Rp30.000 per kilogram. Kenaikkan harga juga terjadi pada cabai merah. Semula harga cabai merah Rp35.000 per kilogram, hari ini mengalami kenaikkan sebanyak Rp13.000 per kilogram.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Dilarang, Kelapa Sawit Jadi Komoditas Ekspor Terbesar Sumsel Setelah Batu Bara

"Kalau cabai merah harganya Rp48.000 per kilogram, ini beberapa minggu lalu turun drastis sampe harga Rp20.000 per kilogram," jelasnya.

Tak hanya cabai merah, harga cabai burung juga mengalami kenaikkan dari Rp30.000 per kilogram menjadi Rp45.000 per kilogram. "Semua cabai naik sekarang ini. Cabai rawit dari Rp36.000 per kilogram hari ini kita jual Rp48.000 per kilogram," paparnya.

"Naik semua sekarang ini. Besok biso naik lagi, bawang naik terus tiap hari. Mau lebaran beginilah, walau naik yang beli tetap ramai. Apalagi ini kan kebutuhan pokok. Lebaran ini banyak butuhnya untuk kebutuhan pokok ini," tambahnya.

Untuk ayam potong masih stabil di harga Rp30.000 per kilogram dan telur ayam masih di harga Rp23.500 per kilogram. Kenaikkan harga juga terjadi pada bahan pangan seperti gula pasir.

Dari pantauan Suara.com, pedagang sembako rata-rata menjual gula pasir dengan harga Rp14.000 per kilogram dan minyak goreng di harga Rp20.000 per kilogram.

Baca Juga: Larangan Ekspor Minyak Goreng Berlaku, Petani Sawit Sumsel Harap Pabrik Tidak Tetapkan Harga TBS Sepihak

Kontributor: Melati Putri Arsika

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait