facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bunda, Lima Kebiasaan Digital Ini Beri Dampak Positif bagi Anak

Tasmalinda Sabtu, 29 Januari 2022 | 06:30 WIB

Bunda, Lima Kebiasaan Digital Ini Beri Dampak Positif bagi Anak
Ilustrasi anak pakai ponsel. Lima Kebiasaan Digital Ini, Positif bagi Tumbuh Kembang Anak [Shutterstock]

Teknologi digital dan mengakses dunia maya telah makin populer, berikut manfaatnya bagi tumbuh kembang anak.

SuaraSumsel.id - Menggunakan teknologi digital dan mengakses dunia maya telah makin populer bagi anak-anak sekarang. Memiliki keterampilan saat menggunakan teknologi digital bisa membantu anak-anak beradaptasi di era digital.

Melansir ANTARA, lim kebiasaan yang baik diterapkan pada anak saat menggunakan teknologi.

1. Disiplin mengisi daya baterai
Orang tua bisa memberikan pemahaman kepada anak bahwa ponsel menggunakan baterai yang harus diisi ulang daya supaya bisa tetap menyala. Ajak anak meninggalkan ponsel mereka di luar kamar untuk mengisi daya, misalnya sebelum tidur malam supaya mereka tidak main ponsel.

2. Keamanan
Anak harus berhadapan dengan isu keamanan, baik di dunia maya maupun nyata ketika mereka mengakses internet. Berkaitan dengan keamanan di dunia nyata, beri tahu anak mereka tidak boleh menatap ponsel saat sedang menyeberang jalan atau naik-turun tangga.

Baca Juga: Setahun, Produksi Batu Bara Sumsel Naik Satu Juta Ton

3. Jadwal waktu tanpa gawai
Anak-anak banyak menghabiskan waktunya sehari-hari menggunakan gawai digital. Jika tidak diatur dengan baik, penggunaan gawai bisa menimbulkan rasa ketergantungan.

4. Etika digital
Sama seperti dunia nyata, sebenarnya ada aturan tidak tertulis yang berlaku di dunia maya. Orang dewasa mungkin bisa mudah memahaminya, namun, anak-anak tentu perlu bantuan.

Diskusikan etika di dunia digital dengan anak, misalnya berkomunikasi melalui email berbeda dengan saat menggunakan pesan instan. Biasakan anak bertanya pada dirinya sendiri sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, seperti apakah hal-hal seperti ini boleh dikatakan.

Beri pemahaman juga mengenai konsekuensi yang akan diterima jika misalnya menulis sesuatu yang menghina orang lain di media sosial.

5. Mengelola informasi
Menggunakan teknologi digital menyebabkan penggunanya harus bisa mengingat sejumlah informasi, terutama yang digunakan untuk masuk ke sebuah akun. Ajari anak untuk mengelola informasi, seperti mengingat nomor ponsel dan kata sandi.

Baca Juga: Kasus Korupsi Kabupaten Muba, KPK Kembali Periksa Istri Eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin

Ajari juga mereka tentang membuat cadangan untuk informasi yang penting, misalnya menggunakan flashdisk atau penyimpanan di cloud. Jangan lupa diskusikan bahwa informasi tersebut tidak bisa dibagikan sembarangan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait