facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diksar Mapala UMP Memakan Korban, Muhammad Rafi Meninggal Dunia Setelah Alami Sakit Perut

Tasmalinda Selasa, 25 Januari 2022 | 07:40 WIB

Diksar Mapala UMP Memakan Korban, Muhammad Rafi Meninggal Dunia Setelah Alami Sakit Perut
Aktivittas Diksar Mapala UMP [Ist]

Diksar Mapala memakan korban, seorang mahasiswa meninggal dunia dan sebelumnya sempat mengeluh sakit perut.

SuaraSumsel.id - Seorang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang atau UMP, Muhammad Rafi (22) meninggal dunia saat mengikuti diksar  Mahasiswa Pecinta Alam atau Mapala Gema Persada , Fakultas Pertanian UMP, Minggu (23/1/2022)

Pelaksanaan diksar berlangsung di BKSDA Sekolah Gajah Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat. 

Kapolres Lahat AKPB Eko Sumaryanto melalui Kasi  Humas Polres Lahat,  Aiptu Lispono mengatakan  Sabtu (22/1/2022) sebanyak  15 Mahasiswa Muhammadiyah Palembang mengikuti Diksar Mapala, yang mana kegiatan ini dilakukan selama delapan hari. 

"Pesertanya ada  15 orang yang terdiri dari 9 laki - laki dan 6 orang perempuan,"ujarnya,  Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sumsel 25 Januari 2022, 4 Kabupaten Ini Bakal Hujan

Pada Sabtu (22/1/2022) sekitar pukul  19.00 WIB korban Muhammad Rafi, mengeluh sakit perut dan melapor kepada ketua pelaksana.

Setelah melakukan laporan tersebut,  ketua pelaksana kegiatan  berupaya memberikan pertolongan dengan mengerok tubuh korban dengam menggunakan ujung sendok dan minyak sayur serta memberikan obat Maag dan menyuruh korban istirahat di dekat api unggun. 

"Sekitar  30 menit ketua pelaksana menanyakan kondisi korban dan korban menjawab masih sanggup. Kemudian korban dan peserta lain mengikuti rangkaian kegiatan penutupan diksar dengan melalui jalur yang sudah disiapkan panitia dan melewati 3 pos serta melakukan tradisi pembayatan untuk mencapai api unggun,"jelasnya.  

Ternyata, selama perjalanan  korban dalam keadaan lemas namun korban masih sadar dan digendong oleh Irwan salah satu peserta.

"Saat upacara penutupan korban langsung jatuh dan hilang kesadaran kemudian dibantu oleh panitia pelaksana untuk dibawa ke RSUD Lahat, sesampai di RSUD Lahat korban di periksa dokter jaga dan dinyatakan sudah meninggal dan dilakukan visum di kamar jenazah,"ucapnya.   

Baca Juga: MBJ Dorong Pengembangan UMKM Batanghari Leko Sumsel

Kontributor : Welly Jasrial Tanjung

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait