facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Timnas Indonesia Melaju ke Final AFF 2020, Usai Libas Singapura

Tasmalinda Minggu, 26 Desember 2021 | 08:01 WIB

Timnas Indonesia Melaju ke Final AFF 2020, Usai Libas Singapura
Pemain Indonesia Ezra Harm Ruud Walian (tengah) diberi selamat oleh rekan setimnya setelah mencetak gol pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 25 Desember 2021. Timnas Indonesia melaju ke Final AFF 2020.Roslan RAHMAN / AFP

Timnas Indonesia memastikan melaju ke final piala AFF 2020 setelah melibas timnas Singapura, Sabtu (25/12/2021).

SuaraSumsel.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah melibaskan Singapura. Drama semifinal dengan delapan pemain, karena tiga nama timnas Singapura diganjar dikartu merah. Dengan skor 4-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, melengkapi pencapaian Timnas Indonesia.

Laga yang melewati babak tambahan, diwarnai gol-gol Indonesia, yang dibuat oleh Ezra Walian, Pratama Arhan, bunuh diri bek Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri.  TImnas Singapura mempersempit jarak skor berkat gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Adapun dua pemain Singapura yang diganjar kartu merah yakni Safuwan Baharudin, Irfan Fandi dan kiper Hassan Sunny.

Pencapaian ini menjadi catatan skuad "Garuda", melaju ke final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF. Timnas Indonesia sebelumnya, mencatat pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 dengan hasil tanpa gelar juara.

Baca Juga: Viral Gubernur Sumsel Herman Deru Pakai Mobil Pindad, Tinjau Banjir Palembang

Pertandingan makin menegangkan saat usai jeada, pada menit ke -66 Singapura menerima pukulan kedua saat Irfan Fandi mendapatkan kartu merah dari wasit lantaran menjadi orang terakhir sebelum kiper yang melakukan pelanggaran di wilayahnya.

Berlaga dengan sembilan orang, Singapura malah mampu unggul 2-1 pada menit ke-74 setelah Shahdan Sulaiman menjaringkan bola dengan tendangan bebasnya.

Para pemain Indonesia yang terkejut dengan gol tersebut akhirnya berhasil keluar dari tekanan berkat gol Pratama Arhan pada menit ke-87. Skor kembali setara 2-2.

Pada menit ke 90+1, terjadi ketegangan saat Singapura punya kesempatan penalti Fariz Ramli, yang kemudian berhasil ditepis Nadeo Argawinata.

Kedudukan imbang 2-2, membuat kedua timnas harus kembali ke babak tambahan.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Sumsel Sudah Capai Target

Fase pertama babak tambahan, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong memperbesar keunggulan pada menit ke-91 setelah bek Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait