facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG Ingatkan 8 Wilayah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor

Tasmalinda Kamis, 16 Desember 2021 | 16:44 WIB

BMKG Ingatkan 8 Wilayah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor
Ilustrasi Prakiraan Cuaca, BMKG Ingatkan 8 Wilayah di Sumsel ini Rawan Banjir dan Longsor [BMKG]

BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang menghimbau agar warga di delapan wilayah di Sumsel ini waspada banjir dan longsor.

SuaraSumsel.id - BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang, mengimbau agar warga waspada akan bencana longsor dan banjir di delapan wilayah ini. Meski puncak curah hujan tinggi akan terjadi pada Maret 2022.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang, Nandang Pangaribowo mengatakan berdasarkan Peringatan Dini Iklim Ekstrem (PDIE) Wilayah Sumsel Desember 2021 dan Potensi La Nina, hingga awal 2022,.

Hal ini pun sudah dihimbau pada unsur terkait dan unsur muspida di Sumsel.

“Imbauan waspada terhadap potensi curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan potensi kebencanaan di daerah rawan banjir longsor,” katanya seperti melansir dari Sumselupdate.com-jaringan Suara.com, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Jelang Libur Nataru 2022 di Sumsel, 20 Posko Disiagakan di Ruas Jalan Nasional

Prakiraan curah hujan wilayah Sumsel berbeda-beda, untuk Sumsel bagian barat, curah hujan rata-ratanya berkisar 200-300 mm perbulan.

Wilayah di Sumsel yang diimbau untuk waspada yakni sebagian besar wilayah Sumsel bagian barat seperti Kota Pagaralam, Kota Lubuklinggau, Empatlawang, Musirawas, Musirawas Utara, Oku selatan, sebagian Kabupaten Lahat, OKU dan Kabupaten Muaraenim.

“Juga sepanjang pesisir DAS (Daerah Aliran Sungai) di wilayah Sumsel, serta waspada potensi curah hujan lebat disertai angin kencang dan petir di seluruh wilayah Sumsel saat musim hujan berlangsung,” katanya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait