alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Penggali Kubur Gratiskan Batu Nisan, Niat Ringankan Keluarga Berduka

Tasmalinda Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:02 WIB

Viral Penggali Kubur Gratiskan Batu Nisan, Niat Ringankan Keluarga Berduka
Penggali kubur gratiskan batu nisan [Welly JT/Suara.com]

Seorang penggali kubur tengah banyak diperbincangkan karena menggratiskan batu nisan kepada keluarga yang berduka.

SuaraSumsel.id - Edi Sudadi seorang penggali kubur di kabupaten Martapura Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, memberikan batu nisan secara gratis. Hal ini dilakukannya agar meringankan beban ahli musibah bagi keluarga yang telah berduka. 

 Edi, telah berprofesi sebagai penggali kubur sejak 31 tahun yang lalu."Saya pernah hitung, sekitar 150 lubang lebih sudah saya gali," kata pria yang akrab disapa Pakde Edi ini.

Diakui Edi, dirinya pertama kali tergerak membuat dan memberikan batu nisan secara gratis guna meringankan beban ahli musibah.

"Karena sudah sering menggali kubur, membuat saya sudah sangat memahami kesusahan yang dialami oleh ahli musibah," ujar pria usia 63 tahun ini.

Baca Juga: Politisi Golkar Sumsel Yansuri, Diperiksa Kasus Korupsi Masjid Sriwijaya

Menurutnya, kiamat kecil yang dialami oleh manusia adalah adanya keluarga yang meninggal dunia. Berangkat dari niat tersebut, akhirnya ia mulai membuat dan memberikan batu nisan gratis sejak tahun 2019.

Batu nisan itu ia buat sendiri dan ia susun berjejer di depan rumahnya yang berada di Desa Cidawang, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Saat pandemi COVID-19 ini, batu nisan miliknya makin sering diambil warga. Dulu ia menyiapkan 200 hingga 250 batu nisan.
Sebab, saat itu hampir setiap waktu, ada saja orang yang minta batu nisan mulai dari pagi, siang, sore hingga malam.

Bahkan ia juga sempat kewalahan karena banyak yang menghubunginya pada malam hari.

"Kalau malam tidak usah ngomong lagi, langsung ambil saja di depan rumah saya.  Karena saat itu bukan sekali dua kali saja tapi luar biasa seringnya," bebernya.

Baca Juga: Sederet Nama Tokoh Muncul Jika Pilgub Sumsel Digelar Hari Ini, Diwarnai Orang Lama

"Sedih saya kadang juga sampai nangis, alangkah sayangnya, coba ambil dengan saya saja bisa gratis dari pada harus beli biasanya sepasang itu Rp100 ribu," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait