alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Merasa Lelah? Coba Ambil Manfaat dengan Lari Pagi

Eliza Gusmeri Sabtu, 18 September 2021 | 06:46 WIB

Sering Merasa Lelah? Coba Ambil Manfaat dengan Lari Pagi
Ilustrasi ibu hamil jogging. (Elements Envato)

Manfaat lari pagi dalam penelitian terkini menunjukkan bahwa orang yang konsisten latihan fisik di pagi hari memiliki intelektualitas yang lebih tinggi.

SuaraSumsel.id - Lari pagi memberikan beberapa manfaat. Jika konsiten dilakukan lari pagi dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Manfaat lari pagi dalam penelitian terkini menunjukkan bahwa orang yang konsisten latihan fisik di pagi hari memiliki intelektualitas yang lebih tinggi.

"Manfaat tersebut menurun saat orang meninggalkan kebiasaan jogging. Artinya, olahraga yang konsisten diperlukan untuk menjaga manfaatnya," kata pemimpin penelitian Dr Kisou Kubota dari Nihon Fukushi University di Handa, Jepang.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti melakukan penelitian selama empat bulan dengan menggunakan tujuh sampel orang muda dan sehat. Mereka diberikan jadwal latihan berlari selama 30 menit, dua sampai tiga kali seminggu selama kurun waktu minimal 12 minggu.

Baca Juga: Pemotor Mojokerto Terpelanting Jatuh dan Tewas Seketika, Diduga Korban Tabrak Lari

Setiap pelari juga diminta mengambil serangkaian tes berbasis komputer untuk membandingkan kemampuan memori sebelum dan sesudah menjalani program jogging selama tiga bulan. Setelah 12 minggu, skor pada semua tes meningkat signifikan. Fungsi kognitif mereka pun jauh lebih berkembang.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan lari memiliki pengaruh yang besar terhadap fungsi prefrontal dan kognitif seseorang jika dilakukan secara konsisten," jelas Kubota.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa berlari dapat mempertahankan aliran darah dan oksigen yang melindungi otak. Asupan oksigen yang maksimal ditambah peredaran darah yang sempurna membuat otak bekerja secara optimal.

Kesimpulan yang sama juga didapat dari penelitian di University of South Carolina yang menemukan fakta bahwa latihan treadmill dan jogging mampu meningkatkan kekuatan otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan.

Dalam jangka panjang, berlari dapat mencegah penyakit Alzheimer dan memperlambat penuaan. Tak perlu berlari secara berlebihan. Cukup luangkan waktu 30 menit agar otak Anda bekerja lebih cepat dan efisien. (Preventdisease)

Baca Juga: Sri Maya Atlet Atletik Sumsel Diunggulkan Raih Medali Emas PON XX

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait