alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penggagas Warna Merah Putih pada Bendera RI ialah Seorang Habib, Netizen: Masya Allah

Tasmalinda Kamis, 19 Agustus 2021 | 06:10 WIB

Penggagas Warna Merah Putih pada Bendera RI ialah Seorang Habib, Netizen: Masya Allah
Penggagas warna bendera, merah putih untuk bendera Indonesia [instagram]

Peran seorang habib dalam kemerdekaan RI juga sangat besar. Salah satunya, Habib Idrus bin Salim Al-Jufri yang menginisiasikan warna bendera merah putih.

SuaraSumsel.id - Peran habib bagi kemerdekaan RI, ternyata juga besar. Salah satu yang belum banyak diketahui ialah Habib Idrus Salim Al-Jufri yang disebut sebagai inisiator warna bendera menjadi berwarna merah dan putih.

Dalam unggahan video PKS di media sosialnya dikatakan inisiator warna bendera berwarna merah dan putih ternyata seorag habib. Namanya, Habib Idrus Salim Al Jufri yang disebut sebagai inisiator warna bendera, sang saka merah putih.

Ia merupakan ulama pejuang dari Sulawesi Tengah, yang menggagas warna bendera merah putih. Ia juga pendiri lembaga Al-akhirat yang masih ada saat ini. 

Melansir sulawesion.com - jaringan Suara.com diketahui Habib Idrus Salim Al Jufri lahir di Tarim, Hadramaut, Yaman pada 15 Maet 1982. 

Baca Juga: Sumsel Baru Miliki Dua Pahlawan Nasional, SMB II dan AK Gani

Di usia 12 tahun, ia sudah hafiz alquran. Habib Idrus merupakan tokoh pejuang di Sulawesi Tengah dalam bidang pendidikan agama Islam.

Sepanjang hidupnya, ulama yang akrab disapa Guru Tua ini dikenal sebagai sosok yang cinta ilmu. Salah satu wujud cintanya pada ilmu, ialah didirikannya lembaga pendidikan islam Alkhairaat.

Alkhairaat dirikan di Palu, Sulawesi Tengah, kala usia Habib Idrus bin Salim Al-Jufri menginjak 41 tahun.

Habib Idrus diketahui keturunan Rasulullah dengan silsilah sebagai berikut : "As-Sayyed Idrus bin Salim bin Alwi bin Saqqaf bin Muhammad bin Idrus bin Salim bin Husain bin Abdillah bin Syaikhan bin Alwi bin Abdullah At-Tarisi bin Alwi Al-Khawasah bin Abubakar Aljufri Al-Husain Al-Hadhramiy yang mempunyai jalur keturunan dari Sayyidina Husain bin Fatimah Az-Zahra Puteri Rasulullah SAW,"

Berikut ini Syiar Kemerdekaan Republik Indonesia yang disusun oleh Al Habib Idrus bin Salim Al-Jufri guna menyosong momen Proklamasi 17 Agustus 1945:

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan di Sumsel, Berikut Prakiraan Cuacanya

Bendera raksasa ukuran 45x4 meter dibentangkan di atas tebing batu dengan ketinggian 800 mdpl, Senin (16/8/2021). [Suara.com/Citra Ningsih]
Bendera raksasa ukuran 45x4 meter dibentangkan di atas tebing batu dengan ketinggian 800 mdpl, Senin (16/8/2021). [Suara.com/Citra Ningsih]

Bendera kemuliaan berkibar di angkasa | hijau daratan dan gunung-gunungnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait