alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terdampak Pandemi, Lion Air Rumahkan Ribuan Karyawan

Tasmalinda Sabtu, 31 Juli 2021 | 21:42 WIB

Terdampak Pandemi, Lion Air Rumahkan Ribuan Karyawan
Ilustrasi pesawat maskapai Lion Air (Shutterstock). Lion Air rumahkan ribuan karyawan.

Lion Air Group memastikan merumahkan 25%-35% karyawannya akibat terdampak COVID 19.

SuaraSumsel.id - Lion Air Group memastikan akan merumahkan ribuan karyawanya. Jumlah tersebut berasal dari pengurangan 25%-35% darii total 23.000 karyawan.

Langkah itu diambil akibat terdampai situasi pandemi Covid-19 menghantam industri penerbangan.

Dalam keterangan tertulisnya, kondisi pasar dan jumlah penumpang yang mengalami penurunan mengakibatkan jumlah frekuensi terbang (produksi layanan penerbangan) faktanya juga menurun mengharuskan kondisi yang efesien.

"Dalam jangka waktu yang diperlukan, Lion Air Group mengumumkan pengurangan tenaga kerja dengan merumahkan karyawan (status tidak Pemutusan Hubungan Kerja/ PHK) menurut beban kerja (load) di unit masing-masing yaitu kurang lebih prosentase 25%-35% karyawan dari 23.000 karyawan," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Berdonasi Rp 2 T untuk Sumsel, Akidi Tio Memulai Bisnis dari Usaha Kecap

Atas kondisi tersebut, jumlah produksi pekerjaan dengan sumber daya manusia tidak sesuai secara perhitungan atau mengalami ketidakseimbangan.

Selama karyawan dengan status dirumahkan, Lion Air Group akan berusaha membantu memberikan dukungan biaya hidup sesuai kemampuan perusahaan.

Selama dirumahkan akan diadakan pelatihan secara virtual (online) sesuai dengan bagian (unit) masing-masing. Keputusan ini berlaku sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Keputusan berat tersebut diambil bertujuan utama sebagai konsentrasi efektif dan efisien, sejalan mempertahankan bisnis yang berkesinambungan dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal dari dampak pandemi Covid-19,” ujar Danang.

Lion Air Group sangat menghargai seluruh karyawan, berterima kasih sebesar-besarnya atas dukungan, kinerja, dedikasi, pencapaian di bidangnya masing-masing. 

Baca Juga: Ratusan Personil Polda Sumsel Terinfeksi COVID 19

“Lion Air Group juga mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh karyawan serta dari berbagai pihak hingga sampai saat ini masih beroperasi. Harapan utama pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga operasional dan layanan penerbangan normal kembali,” ujar ia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait