alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meme Susu Beruang Bermunculan di Medsos, Netizen Kritik Panic Buying

Tasmalinda Selasa, 06 Juli 2021 | 09:20 WIB

Meme Susu Beruang Bermunculan di Medsos, Netizen Kritik Panic Buying
Meme susu beruang [instagram] Meme Susu Beruang Bermunculan di Medsos, Netizen Kritik Panic Buying

Fenomena masyarakat memborong susu beruang yang dinyakini bisa mengobati virus COVID 19 sekaligus mengurangi gejala KIPI vaksinasi dikritik netizen.

SuaraSumsel.id - Netizen Indonesia memang punya caranya tersendiri mengkritik. Belakangan, muncul meme susu beruang yang dikaitkan dengan perilaku panic buying atau situasi panik sehingga membeli berlebihan.

Meme muncul sejak video netizen yang berebut dan memborong susu beruang di sebuah mal. Rebutan dan memborong dalam jumlah besar ini pun mengakibatkan kerumunan sehingga dinilai bukan sifat yang wajar lagi.

Meme mengenai susu beruang akhirnya meluas.

Sebagian menilai meme ini ialah kritik atas sikap masyarakat Indonesia yang cendrung panik akan situasi pandemi COVID 19. Situasi di mana masyarakat ini selalu mendapatkan asupan guna mengobati atau mengurangi gejala sakit.

Baca Juga: Akhir Pelarian Begal Sadis Asal OKU Sumsel, Mati Ditembak Polisi

Berbagai meme menawarkan harga susu beruang dengan harga yang fantastik. 

Meme susu beruang [twitter]
Meme susu beruang [twitter]

Misalnya salah satu akun yang menawarkan susu beruang seharga Rp 5 miliar. Ada lagi akun yang menawarkan susu beruang dengan versi yang telah dimodifikasi.

Meme susu beruang ini menjadi kritikan sekaligus mengajak masyarakat agar lebih cerdas menelan informasi, terutama bagi kesehatannya.

Menurut ahli Mikrobiologi Unsri, Prof Yuwono, susu beruang memang baik bagi kesehatan, terutama pencernaan. Mengingat perannya yang juga memberikan nutrisi, sama seperti susu pada umumnya.

Permasalahannya, masyarakat hanya cendrung yakin dan memborong salah satu jenis susu saja. Padahal, selain susu juga terdapat jenis makanan dengan fungsi yang sama.

Baca Juga: Terus Waspada, Varian COVID 19 Kappa Sudah Masuk Sumsel

Meme susu beruang [twitter]
Meme susu beruang [twitter]

"Seharusnya bisa diketahui jika fungsi susu Beruang itu juga ada di yogurt. Apa pun mereknya, sama baiknya, sehingga tidak perlu panik dengan membeli salah satu jenis merek saja," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait