facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sedang Musim Panen, Harga Lada Putih di Belitung Turun

Tasmalinda Senin, 21 Juni 2021 | 07:05 WIB

Sedang Musim Panen, Harga Lada Putih di Belitung Turun
Lada putih. Sedang Musim Panen, Harga Lada Putih di Belitung Turun

Harga lada putih di Belitung turun hingga Rp 69.000 per kilogram.

SuaraSumsel.id - Tengah memasuki musim panen, harga lada putih di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun.

Penurunan harga dari Rp 71.000 per kilogram menjadi Rp 69.000 per kilogram.

"Harga lada putih terpantau kembali mengalami penurunan dari Rp71 ribu menjadi Rp69 ribu per kilogram," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Minggu.

Ia sangat menyayangkan harga lada yang terus menurun padahal sekarang ini petani lada di daerah itu sedang memasuki musim panen.

Baca Juga: Video Detik-detik Kecelakaan Beruntun, Motor Terjepit Mobil dan Truk di Sumsel

"Kami harapkan petani dapat bijak dalam menyikapi situasi seperti ini," ujarnya.

Ia berharap, ketika memasuki puncak musim panen harga lada dapat bertahan sekitar Rp75 ribu per kilogram dan tidak mengalami penurunan.

Para petani lada masih bisa menikmati keuntungan dari hasil panennya dan masih dapat melanjutkan produksi tanaman ladanya.

"Minimal petani masih bisa menikmati keuntungan dari hasil panen kemudian melakukan pemupukan sehingga produksi tahun berikutnya dapat lebih optimal," katanya.

Selain itu, lanjut Destika, harga jual lada yang baik juga menjadi motivasi bagi petani dalam membudidayakan tanaman ladanya.

Baca Juga: Wilayah Zona Merah di Sumsel Bertambah, Kini Palembang dan Muaraenim Zona Merah

"Kami berharap petani tetap bergairah menanam lada dan tidak meninggalkan lada karena Kabupaten Belitung kami proyeksikan menjadi sentra lada putih di Indoensia," ujarnya. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait