alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bikin Nyaman, Ini Manfaat Anak Tidur Bareng Hewan Peliharaan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Minggu, 06 Juni 2021 | 13:08 WIB

Bikin Nyaman, Ini Manfaat Anak Tidur Bareng Hewan Peliharaan
Ilustrasi kucing telon (pexels/cottonbro)

Jangan cemas, tidur bersama hewan peliharaan bermanfaat untuk anak.

SuaraSumsel.id - Saat sudah merasa sangat nyaman dengan hewan peliharaan, anak-anak mungkin juga ingin terus bersama hingga waktunya istirahat malam. Namun, apakah tidak apa-apa jika anak tidur bersama hewan peliharaan?

Penelitian baru menunjukkan bahwa membiarkan anak-anak tidur dengan hewan peliharaannya sama baiknya dengan tidur sendirian. Hasil studi ini sudah diterbitkan pada jurnal Sleep Health.

Dilansir dari Medical Xpress, para peneliti di Concordia's Pediatric Public Health Psychology Lab (PPHP) menemukan bahwa kualitas tidur anak-anak yang berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan mereka tak bida dibedakan dengan mereka yang tidur sendirian.

"Tidur dengan hewan peliharaan Anda tampaknya tak mengganggu," ungkap penulis utama makalah, mahasiswa Ph.D., Hillary Rowe. 

Baca Juga: 5 Cerita Rakyat Bali untuk Dongeng Sebelum Tidur Anak-anak

"Faktanya, anak-anak yang kerap tidur dengan hewan peliharaannya mendukung kualitas tidur yang lebih tinggi," ujarnya kemudian.

Rowe lalu memaparkan, tidur bersama dengan hewan peliharaan merupakan sesuatu yang banyak dilakukan anak. Jadi dari perspektif ilmu tidur, ia merasa bahwa penelitian ini terbilang penting.

Ilustasi seorang anak kecil bersama hewan peliharaannya. [Shutterstock]
Ilustasi seorang anak kecil bersama hewan peliharaannya. [Shutterstock]

Rowe mengatakan, "Temuan ini menunjukkan bahwa kehadiran hewan peliharaan tidak berdampak negatif pada tidur."

"Memang, kami menemukan bahwa anak-anak yang tidur dengan hewan peliharaan mereka paling sering melaporkan kualitas tidur yang dirasakan lebih tinggi, terutama di kalangan remaja," katanya menambahkan.

Dia berhipotesis bahwa anak-anak lebih cenderung menganggap hewan peliharaan sebagai teman dan merasakan kenyamanan saat tidur bersama mereka.

Baca Juga: Tepergok Ibu Pacar sedang Tidur, Pria Ini Langsung Pura-pura Main Game di HP

Menurut peneliti, temuan ini juga mempertajam pemikiran kami tentang bagaimana meningkatkan teknologi untuk mengukur tidur.

Peneliti juga menyebutkan, "Mengingat jumlah orang yang berbagi tempat tidur dengan pasangannya atau hewan peliharaan mereka, mungkin masuk akal untuk mengembangkan pengaturan alat pengukur tidur guna mengubah algoritme yang digunakan agar bisa menentukan gangguan tidur atau bangun yang lebih akurat."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait