facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sebagian Indoneisa, Termasuk Sumsel

Eko Faizin Sabtu, 17 April 2021 | 10:32 WIB

Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sebagian Indoneisa, Termasuk Sumsel
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

SuaraSumsel.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurut BMKG, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Kemudian Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terdapat di Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

BMKG juga peringatankan terkait gelombang tinggi (2,5-4 meter) di area Samudra Hindia Selatan Jawa, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat.

Ada juga peringatan gelombang sangat tinggi (4-6 m) di area perairan Samudera Pasifik Utara Halmahera.

Selain itu, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, dan Perairan utara Halmahera.

Peningkatan tinggi gelombang tersebut terjadi sebagai dampak dari adanya siklon tropis Surigae yang terpantau di Samudera Pasifik utara Papua.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait