alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Sumsel Terkonfirmasi Varian Covid 19 B117, Kemenkes Lacak Kontak

Tasmalinda Senin, 08 Maret 2021 | 18:51 WIB

Warga Sumsel Terkonfirmasi Varian Covid 19 B117, Kemenkes Lacak Kontak
Ilustrasi virus covid 19. Satu warga Sumsel ditemukan terkonfirmasi covid 19 varian baru dari Inggris.

Warga Sumsel terkonfirmasi varian covid 19, B117, Menkes lakukan pelacakkan kontak.

SuaraSumsel.id - Warga Sumsel menjadi satu dari empat orang pasien yang terkonfirmasi terpapar varian B117 Covid 19 dari Inggris.

Kementrian Kesehatan juga telah melakukan pelacakan kontak erat dari keempat orang tersebut.

"Hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi," kata Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, dipantau dari Jakarta seperti dilansir ANTARA, Senin (8/3/2021).

Keempat orang tersebut ditemukan di Sumatera Selatan pada 11 Januari 2021, satu pasien di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021, satu pasien di Kalimantan Timur pada 12 Februari dan pasien terakhir ditemukan di Sumatera Utara pada 28 Januari 2021.

Baca Juga: 4 Kasus Corona B117 Inggris Terdeteksi di Sumsel, Kaltim, Kalsel, dan Sumut

Budi menegaskan bahwa keempat pasien itu sudah diuji dan dipastikan memiliki varian B117 dari Inggris itu. Keempatnya saat ini sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Pelacakan kontak erat dari keempat pasien dengan varian B117 itu terus dilakukan dengan harapan hasil dari pengujian akan segera keluar.

"Untuk tindak lanjutnya sekarang kita sedang melakukan surveillance terhadap kontak erat mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan genome sequencing," tambah Budi.

Dalam kesempatan itu Budi juga memastikan bahwa telah dilakukan pelacakan kontak dua pasien dengan varian B117 yang sebelumnya ditemukan dan hasil pengujian menunjukkan mereka terbukti negatif COVID-19.

Kedua pasien itu juga sudah dinyatakan sembuh serta tidak menularkan COVID-19 dan telah kembali ke rumah mereka di Jawa Barat. 

Baca Juga: Warga Sumsel, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait