alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menilik Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung yang Diresmikan Jokowi

Tasmalinda Selasa, 26 Januari 2021 | 09:57 WIB

Menilik Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung yang Diresmikan Jokowi
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat mendapatkan pemaparan soal Tol Kapal Betung [dok Pemprov]. Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Kayuangung - Palembang - Betung.

Jalan tol Kayuagung - Palembang - Betung atau Kapal Betung sepanjang 111,69 km yang bakal diresmikan Presiden Joko Widodo.

SuaraSumsel.id - Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung atau dikenal dengan nama jalan tol Kapal Betung.

Jalan sepanjang 111,69 km menghubungkan empat kabupaten di Sumatera Selatan sekaligus menjadi ruas bagian dari jalan tol trans Sumatera.

Pada tahun lalu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru telah melakukan grounbreaking dimulainya tol segmen Palembang-Betung yang kemudian berlanjut ke seksi 2B, dan seksi 3 sepanjang 69,19 km.

Dijadwalkan Presiden joko Widodo akan melakukan peresmian di wilayah Kramasam, Kertapati Palembang.

Baca Juga: Jokowi: Syukur Kita Mampu Kendalikan 2 Krisis Imbas Pandemi Covid-19

Tol Kapal Betung juga akan melintasi tiga jembatan di sungai yang apabila dikalkulasikan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, yakni Jembatan Ogan sepanjang 1589 meter, Jembatan Keramasan sepanjang 1217 meter, serta Jembatan Musi sepanjang 1684 meter.

Berdasarkan data Direktur Utama PT Waskita Toll Road, ruas jalan tol  Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal-Betung) memiliki tiga seksi.

Seksi 1 yakni Kayu agung–Jakabaring dengan panjangnya 33,5 kilometer telah beroperasi penuh pada 1 April 2020 dan untuk Seksi 2 yakni Jakabaring–Keramasan–Musi Landas dengan panjangnya mencapai 33,9 kilometer.

Sedangkan untuk  Seksi 2A yakni Jakabaring–Keramasan dengan panjang 9 kilometer, seksi 2B dan seksi 3 yakni Palembang-Betung sepanjang 69,19 Km.

Berdasarkan jadwalnya, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk melakukan kunjungan kerja.

Baca Juga: Isu Taliban KPK Menyeruak Lagi, Novel Baswedan dan Febri Bilang Begini

Berdasarkan keterangan Biro Pers Media dan Informasi, Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jokowi dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.25 WIB.

Setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang, nantinya Jokowi akan langsung menuju gerbang tol Kramasan yang akan menjadi lokasi peresmian jalan tol Kayu Agung - Palembang - Betung.

Pembangunan ruas jalan tol Kapal-Berung dibangun dengan total investasi sebesar Rp 22,17 triliun yang masuk dalam bagian Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Adapun yang akan diresmikan Kepala Negara kali ini yakni ruas Kayu Agung - Palembang.

Setelah acara peresmian, Kepala Negara diagendakan untuk langsung meninjau tol tersebut.

Peninjauan rencananya dilakukan sepanjang 9 kilometer, di mana Jokowi juga akan menyempatkan meninjau keunikan Jembatan Ogan di KM 364.

Setelah peninjauan, Jokowi dan rombongan terbatas akan langsung kembali menuju Jakarta pada siang hari, seusai acara.

Dalam penerbangan menuju Provinsi Sumatera Selatan, Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tony Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Juga

Berita Terkait