facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diguyur Hujan Deras Hampir 3 Jam, Pemukiman Warga Lahat Terendam Banjir

Tasmalinda Selasa, 19 April 2022 | 04:13 WIB

Diguyur Hujan Deras Hampir 3 Jam, Pemukiman Warga Lahat Terendam Banjir
Pemukiman warga Lahat Sumatera Selatan terendam banjir [ist]

Pemukiman warga Lahat Sumatera Selatan terendam banjir akibat hujan deras selama hampir tiga jam.

SuaraSumsel.id - Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan sejak pukul 16.00 hingga 18.00 WIB, Senin (18/4/2022). 

Hujan deras membuat beberapa kawasan di Kota Lahat mengalami banjir hingga meredam pemukiman warga. Salah satu warga Sekip Sidomulyo yang terdampak banjir, Godek mengatakan satu jam hujan  mengguyur, air mulai masuk ke dalam kawasan tempat tinggalnya.

"Jam 5an la masuk ke rumah, air yang masuk sampai sebetis orang dewasa," ujarnya kepada Suara.com, Senin (18/4/2022).

Kondisi banjir seperti hari ini, kata Godek, sering terjadi ketika hujan deras. Menurutnya, selokan ayek apul atau air apul yang berada di belakang rumahnya tidak mampu menampung air hujan.

Baca Juga: Atlet Senam Sumsel Fajar Abdul Rohman Batal Berlaga di Sea Games, Karena Kemenpora Tak Ada Anggaran

"Kalau ayek apulnya meluap, mulai banjir. Siring (selokan) yang kecil ini jugo dak menampung lagi karena alirannya menuju ke ayek apul tadi," jelasnya.

Aliran ayek apul tersebut, Godek mengatakan akan mengalir ke arah Blok C, City Mal, dan Perumnas Sage. "Belum ada solusinya dari tahun ke tahun. Kondisi air saat ini mulai surut," lanjutnya.

Hal yang sama juga dirasakan warga Ulak Lebar, Rico. Dirinya juga mengatakan banjir kerap kali terjadi saat hujan deras. Air yang masuk ke dalam rumahnya melebihi lutut orang dewasa.

"Hujan deras berenti jam 6, kalau hujan deras beberapa kali banjir. Jam 19.30 WIB tadi baru mulai surut, Selutut lebih," ucapnya.

Lokasi tempat tinggal Rico memang berada di daerah rendah dan menjadi langganan banjir saat hujan deras. Dirinya pun menyebutkan kondisi selokan ayek apul yang tidak bisa menampung air hujan menjadi penyebab terjadinya banjir.

Baca Juga: Pamit Ingin Jajan ke Warung, Tiga Balita di Sumsel Tewas di Kolam Renang Fibelia Tirta

Tak hanya di Sekip Sidomulyo dan Ulak Lebar, titik banjir juga terjadi di kawasan Talang Jawo, Simpang Bakso Frengki atau PJKA, Pasar Bawah dan Talang Banten. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait