facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemda Diminta Waspada Virus Omicron, Percepat Vaksinasi COVID-19

Tasmalinda Kamis, 16 Desember 2021 | 13:37 WIB

Pemda Diminta Waspada Virus Omicron, Percepat Vaksinasi COVID-19
Wakil Presiden Ma'ruf Amin minta pemda mewaspadai virus Omicron [Dok. KIP-Setwapres]

Pemda diminta waspada virus Omicron telah masuk ke Indonesia.

SuaraSumsel.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah atau Pemda meningkatkan kewaspadaan terkait masuknya varian baru SARS-CoV-2 jenis B.1.1.529 atau Omicron.

"Kita harus waspada ya, sejak awal kita sudah wanti-wanti bahwa kita jangan sampai seperti negara-negara lain, Eropa, bahkan juga India, juga Singapura; semuanya itu kami tutup, jangan sampai masuk ke sini (Indonesia). Nah, ini berarti ada," kata Wapres di Surabaya, Kamis.

Wapres mengingatkan kepada seluruh jajaran pemda untuk segera melakukan langkah antisipatif agar varian tersebut tidak menyebar ke masyarakat di seluruh daerah.

Selain itu, Wapres juga meminta percepatan vaksinasi kepada seluruh masyarakat di daerah.

Baca Juga: Jalin Kerjasama, Sumsel dan Rumania Bahas Modifikasi Cuaca Dukung Food Estate

"Semua pemda harus melakukan penyiapan untuk pencegahannya. Jangan sampai masuk ke daerah-daerah, antisipasi. Kita tidak ingin seperti (penularan varian) Delta lagi, vaksinasi terus disegerakan, dipercepat untuk masyarakat," tegasnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada satu kasus varian Omicron dan lima kasus probable terdeteksi di fasilitas karantina di Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta.

"Kasus Omicron yang sudah kami konfirmasi satu dan lima kasus probable, itu terjadi di karantina," kata Budi Gunadi di Jakarta, Kamis.

Satu kasus Omicron terdeteksi di seorang petugas RS Wisma Atlet yang tidak melakukan perjalanan dari luar negeri. Sementara dua orang suspek Omicron terdeteksi pada warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sementara tiga orang suspek lainnya merupakan warga negara asing (WNA) asal China yang melakukan kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara. (ANTARA)

Baca Juga: Vaksin COVID-19 untuk Anak Sumsel Belum Bisa Dilaksanakan, Penyebabnya Karena Hal Ini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait