facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir Pasang Air Laut, 480 Rumah di Bangka Barat Terendam

Tasmalinda Kamis, 09 Desember 2021 | 21:33 WIB

Banjir Pasang Air Laut, 480 Rumah di Bangka Barat Terendam
Banjir pasang air laut (rob) merendam rumah warga di Bangka Barat [ANTARA]

Sebanyak 480 rumah warga terendam banjir pasang air laut (rob).

SuaraSumsel.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat kejadian banjir pasang air laut (rob) merendam sebanyak 480 rumah warga di empat lokasi.

"Kami mencatat sebanyak empat lokasi permukiman warga yang terendam air akibat banjir pasang hari ini, yaitu di Belolaut, Kampung Telukrubiah, Tanjunglaut dan di Kampung Ulu. Seluruhnya berada di wilayah Kecamatan Mentok," Kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Mentok, Kamis (9/12/2021).

Untuk kampung Telukrubiah terdata sebanyak 60 rumah warga yang terendam air, sedangkan Kampung Ulu 10 rumah, Tanjunglaut 392 rumah dan di Desa Belolaut 18 unit rumah yang terendam air.

Tinggi air yang merendam empat lokasi tersebut rata-rata sekitar 50 hingga 100 centimeter berlangsung sejak siang hingga sore hari seiring datangnya pasang air laut.

Baca Juga: Permudah Akses Bantuan Rendah Bunga, TPAKD Sumsel Bikin Website KUR

"Air masuk ke permukiman dan rumah warga karena hujan yang terjadi selama tiga hari ini cukup lebat dan dalam waktu lama, ditambah pasang air laut tinggi. Kejadian hari ini polanya sama dengan kejadian sehari sebelumnya, begitu saat pasang laut menurun, air di permukiman juga ikut menyusut," katanya.

Tim BPBD Provinsi Babel, BPBD Kabupaten Bangka Barat, TNI, Polres Bangka Barat dan tim gabungan dari instansi lain masih menjalankan tugas membantu warga di lokasi kejadian.

Warga diimbau agar tetap waspada dan siap siaga menghadapi kejadian serupa yang masih mungkin terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Lakukan antisipasi agar bencana tahunan ini tidak menimbulkan korban jiwa dan meminimalkan kerugian harga benda warga setempat," katanya.

Tim gabungan juga melakukan pendataan dimana tercatat sebanyak 1.535 orang terdampak langsung dalam kejadian itu, yaitu dari Kampung Tanjunglaut sebanyak 1.176 orang, Kampung Ulu 120 orang, Telukrubiah 185 orang dan Belolaut 54 orang. (ANTARA)

Baca Juga: 7,7 Kilogram Narkoba Sabu dari Sembilan Tersangka Dimusnahkan Polda Sumsel

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait