alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BRILIANPRENEUR 2021 Diharapkan Jadi Momentum Kebangkitan Sektor UMKM

Fabiola Febrinastri Rabu, 01 Desember 2021 | 13:11 WIB

BRILIANPRENEUR 2021 Diharapkan Jadi Momentum Kebangkitan Sektor UMKM
BRI kembali mengadakan pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. (Dok: BRI)

Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 ini akan hadir 105 potensial buyers dari 30 negara.

SuaraSumsel.id - Dalam rangka mendukung industri kreatif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia menembus pasar global, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Rangkaian acara akan berlangsung pada 1-16 Desember 2021 dengan mengusung tema "Dari Indonesia untuk Dunia". Peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi. Pameran ini pun menjadi bazar virtual terbesar yang selama ini diselenggarakan oleh BRI.

Dalam press conference yang dilakukan secara virtual, Rabu (1/12/2021), Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, saat ini ekonomi Indonesia dan dunia mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan sektor UMKM sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Kebangkitan UMKM Diharapkan Jadi Penyokong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer Handayani, Senior Executive Vice President Treasury and Global Services BRI Achmad Royadi dan CEO PT Siger Jaya Abadi Yoga Sadana, selaku perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

"Program BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia,” kata Sunarso.

Sebagai bank yangfokus pada sektor UMKM, lanjut Sunarso, BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

Seperti tahun sebelumnya, pameran virtual ini akan menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung. Selain itu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 juga menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung). Sebagai pelengkap acara, akan ditampilkan Music Performance, Coaching Clinic, Inspiration Talk, Do It Yourself (Yuk Berkarya), Podcast, dan Business Matching yang berisi pelatihan dan workshop untuk pelaku UMKM.

Sunarso juga mengungkapkan, BRI akan memberikan bimbingan yang berkelanjutan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM. Pelatihan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk internasional. “Narasumber yang dihadirkan merupakan mereka yang ahli, berpengalaman dan memiliki expertise di bidangnya masing-masing. Salah satu pembahasan yang diangkat mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang, serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara,” jelas Sunarso.

Baca Juga: Hadirkan BRILIANPRENEUR 2021, BRI Majukan UMKM Indonesia ke Kancah Dunia

CEO PT Siger Jaya Abadi, Yoga Sadana sebagai perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR juga menyampaikan, pihaknya akan mendapat tambahan bekal wawasan dan pengetahuan dalam event ini. Menurutnya, hal ini akan bermanfaat untuk mengoptimalkan penetrasi produknya di kancah global.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait