alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Yuk Donasi untuk Kelestarian Mangrove dan Koral di Belitung

Wakos Reza Gautama Sabtu, 27 November 2021 | 16:10 WIB

Yuk Donasi untuk Kelestarian Mangrove dan Koral di Belitung
Hutan mangrove di Belitung. Hkm Seberang Bersatu, desa Juru Seberang, Belitung, membuka donas untuk pelestarian mangrove, koral atau terumbu karang. [ANTARA]

bisa berdonasi atau mengadopsi tanaman mangrove dan koral atau terumbu karang di Desa Juru Seberang, Belitung.

SuaraSumsel.id - Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka donasi pelestarian mangrove dan koral.

Ketua Hkm Seberang Bersatu, Marwandi mengatakan, siapapun bisa berdonasi atau mengadopsi tanaman mangrove dan koral atau terumbu karang di Desa Juru Seberang, Belitung. 

Menurut dia, Hkm Seberang Bersatu menyiapkan areal seluas 165 hektar untuk ditanami mangrove dan 300 hektar untuk pelestarian koral.

"Semuanya dilengkapi dengan peta dan titik koordinat lokasi penanaman mangrove dan pelestarian koral," ujarnya, Sabtu (27/11/2021) dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Malu Ada Donasi untuk Gala, Ayah Vanessa Angel: Seperti Pengemis

Untuk memudahkan masyarakat melakukan donasi mangrove dan koral pihaknya meluncurkan aplikasi Donasi Adopsi Mangrove Coral (Si Mangco).

"Kami menamakan aplikasi "Si Mangco" karena berdasarkan cerita orang tua terdahulu ada hewan kera besar penjaga hutan mangrove dan terumbu karang yang disebut Simangko," ujarnya.

Dia menjelaskan, melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa melakukan transfer pembayaran untuk donasi mangrove dan koral.

"Jadi ketika ingin berdonasi mangrove tidak mesti datang ke Belitung atau ke Hkm Seberang Bersatu cukup menginstal aplikasi dan donasi "Si Mangco" nanti akan ada petunjuknya," kata dia.

Harga donasi satu pohon mangrove sebesar Rp5 ribu dan untuk biaya adopsi atau pemeliharaan sebesar Rp15 sampai Rp20 ribu per tahun.

Baca Juga: Donasi buat Anak Vanessa Angel Diwarnai Penipuan, Sahabat Ungkap Fakta Ini

"Sedangkan koral kami hitung per meter persegi dengan harga beragam mulai dari Rp1 juta hingga Rp1,5 juta dengan minimal 10 stage," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait