facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini 6 Daerah Rawan Tanah Longsor di Sumatera Selatan

Tasmalinda Senin, 22 November 2021 | 18:05 WIB

Ini 6 Daerah Rawan Tanah Longsor di Sumatera Selatan
Ilustrasi longsor , ini enam daerah rawan longsor di Sumatera Selatan [Antara]

Warga di enam daerah ini perlu lebih waspada, karena tergolong merupakan daerah yang rawan tanah longsor.

SuaraSumsel.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD) Provinsi Sumatera Selatan telah memetakan enam daerah rawan tanah longsor pada tahun ini.

"Enam daerah yang dipetakan rawan bencana tanah longsor dari 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini, yakni Kabupaten Lahat, Empatlawang, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, dan Lubuklinggau," kata Kepala BPBD Sumsel Iriansyah di Palembang, Senin.

Masyarakat yang berada di daerah rawan bencana itu diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman tanah longsor sebagai mitigasi awal bencana.

Melansir ANTARA, masyarakat dapat mencegah terjadinya gangguan aktivitas serta transportasi umum, jika terjadi tanah longsor.

Baca Juga: Ini 10 SMA Terbaik di Sumatera Selatan, Berdasar Nilai UTBK Tertinggi 2021

BPBD didukung pemerintah daerah setempat menyiagakan sejumlah alat berat di daerah rawan bencana itu sejak awal musim hujan.

"Menyiapkan alat berat di daerah rawan longsor sangat penting untuk mencegah terganggunya jalan akses ke suatu desa, kecamatan, bahkan antarkabupaten dan provinsi jika terjadi tanah longsor," ujarnya.

Adapun enam daerah yang rawan banjir di antaranya Kota Palembang, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait