alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Minat Belajar Bahasa Korea Meningkat Gegara Squid Game

Tasmalinda Rabu, 13 Oktober 2021 | 06:10 WIB

Minat Belajar Bahasa Korea Meningkat Gegara Squid Game
Squid Game bikin bahasa Korea lebih banyak digemari dan dipelajari [Netflix]

Minat belajar bahasa Korea meningkat sejak penanyangan serial Neflix, Squid Game.

SuaraSumsel.id - Keinginan belajar bahasa Korea meningkat sejak penayangan serial Netflix "Squid Game". Hal ini diungkap layanan belajar bahasa yang menyebutkan salah satu fenomena obsesi global terhadap budaya Korea Selatan.

Aplikasi belajar bahasa Duolingo Inc mengatakan serial, di mana para kontestan yang butuh uang bermain permainan masa kecil dengan risiko tinggi demi mendapat hadiah uang tunai, mendorong murid pemula dan murid lainnya meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.

Dikutip dari Reuters, Duolingo melaporkan ada 76 persen kenaikan pengguna baru yang ingin belajar bahasa Korea berada di Inggris dan 40 persen berada di Amerika Serikat.

Hal ini berlangsung selama dua pekan setelah penayangan "Squid Game".

Baca Juga: Medali Emas Sumsel di PON XX Papua Bertambah, Kalahkan Sumbar dan Jambi

Korea Selatan telah mengukuhkan diri sebagai hub hiburan global dengan budaya populer seperti grup BTS hingga film pemenang Oscar "Parasite" serta film "Minari".

Oxford English Dictionary menambah 26 kata baru asal Korea, termasuk "hallyu" atau gelombang Korea, istilah yang mendeskripsikan kesuksesan global musik, film, TV, fesyen serta makanan Korea Selatan.

"Bahasa dan budaya secara intrisik terhubung dan apa yang terjadi di budaya populer dan media kerap mempengaruhi tren bahasa dan pembelajaran bahasa," kata juru bicara Duolingo Sam Dalsimer dalam surel.

"Peningkatan popularitas global musik, film dan televisi Korea meningkatkan permintaan belajar bahasa Korea."

Duolingo mengatakan ada lebih dari 7,9 juta pengguna aktif yang belajar bahasa Korea, bahasa yang perkembangannya paling cepat kedua setelah bahasa Hindi.

Baca Juga: KLHK: 2.000 Ha Lahan di Sumsel Terbakar Sepanjang 2021

King Sejong Institute yang dijalankan oleh kementerian kebudayaan Korea Selatan, memiliki sekitar 76.000 siswa di 82 negara tahun lalu, sebuah perkembangan pesat dari hanya 740 siswa di tiga negara pada tahun 2007.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait