facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Batik Angkinan Jadi Seragam Baru ASN di Pemkab Ogan Komering Ulu Timur

Wakos Reza Gautama Sabtu, 11 September 2021 | 11:48 WIB

Batik Angkinan Jadi Seragam Baru ASN di Pemkab Ogan Komering Ulu Timur
Peresmian Batik Angkinan jadi seragam baru ASN Pemkab Ogan Komering Ulu Timur. [ANTARA]

Peresmian Batik Angkinan sebagai seragam baru bagi ASN Di Pemkab Ogan Komering Ulu Timur

SuaraSumsel.id - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan (Sumsel), memiliki seragam baru Batik Angkinan

Peresmian Batik Angkinan sebagai seragam baru bagi ASN Di Pemkab Ogan Komering Ulu Timur dilakukan Bupati Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Lanosin Hamzah, Sabtu (11/9/2021). 

"Batik Angkinan ini merupakan kerajinan masyarakat Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur," kata Bupati Lanosin Hamzah, Sabtu (11/9/2021) dikutip dari ANTARA.

Dia menjelaskan, batik tersebut selain memiliki khas daerah setempat, juga mengandung makna tersendiri bagi masyarakat Kabupaten OKU Timur.

Baca Juga: Ribuan Hektare Sawah Petani Ditargetkan Terdaftar Asuransi

Kain Angkinan merupakan warisan nenek moyang, yang memiliki keunikan tersendiri yaitu disulam dengan teknik bakait, artinya saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.

Kain Sulam Angkinan merupakan sulam khas Sumatera Selatan yang sudah ada sejak Kerajaan Sriwijaya.

Jenis kain ini berbahan beludru, dipadukan dengan benang emas, benang sulam dan aneka jenis benang lain menjadi bahan utama pembuatan aksesoris rumah tangga kerajinan sulam Angkinan.

Dengan diresmikannya batik ini, Bupati menegaskan, agar para ASN di Pemkab OKU Timur menggunakan batik lokal yang merupakan ciri khas Bumi Sebiduk Sehaluan tersebut sebagai seragam batik pegawai pada hari tertentu.

"Dengan memakai busana batik, maka OKU Timur mempunyai ciri khas tersendiri tidak kalah dengan daerah lain yang ada di Sumatera Selatan," ujarnya. (ANTARA)

Baca Juga: Lagi Ibadah Salat Tahajud, Pengurus Ponpes Digorok Santrinya Sendiri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait