alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masyarakat Masih Sulit Bedakan TV Analog dan TV Digital, Masih Dianggap Sama

Tasmalinda Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:45 WIB

Masyarakat Masih Sulit Bedakan TV Analog dan TV Digital, Masih Dianggap Sama
Siaran TV digital [Fitria/Suara.com]

TV Analog makin ditinggalkan, masyarakat masih sulit membedakan TV analog dan TV digital.

SuaraSumsel.id - Berpuluh-puluh tahun Indonesia menyaksikan siaran audio visual benbentuk TV Analog. Kemudian pemerintah melalui Kominfo memberikan targetan agar Indonesia beralih menuju siaran tv digital.

Hal ini dianggap sebagai langkah modernisasi yang harus ditempuh. TV digital menawarkan kualitas gambar yang lebih jernih, suara yang lebih jelas dan berbagai kelebihhan yang dimilikinya.

Salah satu penjual barang elektronik di pasar 16 ilir, Andalas Putra juga turut mempromosikan wacana pemerintah tersebut.

Ia menyebutkan berupaya menawarkan dan memberikan pemahaman kepada pembeli agar lebih baik memilih tv  digital.

Baca Juga: Pasien COVID 19 Sumsel Sembuh Meningkat, Keterisian RS Menurun

“Untuk sejauh ini sudah ada pembeli yang akhirnya memilih tv digital, namun pembeli dari daerah masih menggantungkan minat pada tv analog,”ujarnya, Senin (23/8/2021).

Ia menilai pembeli dari kota lebih mengerti dan mudah diberikan pemahaman, sedangkan pembeli dari daerah  tidak memiliki informasi yang banyak mengenai himbauan pemerintah ini.

“Secara orang lama dan informasi minim, jika pinginnya A akan tetap A tak mau diubah. Memberikan penjelasan sampai mulut berbusa pun akan tetap susah,”tambahnya.

Putra menerangkan, Tv digital sebenarnya bukan barang baru yang diperjual belikan.

Sejak tiga tahun belakang sudah ada. Secara tampilan atau bentuk TV tidak ada bedanya. Tapi jika dibandingkan perbedaan kualitas kedua jenis tv ini cukup jauh berbeda.

Baca Juga: Ekspor Karet Sumsel Kian Menanjak, Meski Pandemi COVID 19

“Perbandingannya 5:10 dari segi gambar dan suara ibarat memakai parabola, chanelnya juga lebih banyak sedangkan harganya tv analog juga lebih tinggi kisaran Rp. 300.000- Rp. 400 .000  tergantung toko masing-masing.” sambungnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait