alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Salat Id Digelar Lebih Cepat, Jemaah Masjid Agung Palembang Banyak Telat

Tasmalinda Kamis, 13 Mei 2021 | 10:18 WIB

Salat Id Digelar Lebih Cepat, Jemaah Masjid Agung Palembang Banyak Telat
Salat Id Digelar Lebih Cepat, Jemaah Masjid Agung Palembang Banyak Telat [Fitria/Suara.com]

Yayasan Masjid Agung Palembang gelar salat lebih cepat, hingga banyak jemaah yang terlambat mengikutinya.

SuaraSumsel.id - Yayasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayowikramo menjadi salah satu masjid besar di Palembang sengaja memulai salat id lebih awal, pukul 06.00 WIB.

Lokasi salat pun hanya berlangsung di dalam ruangan serta teras masjid, tidak ada jamaah yang sampai ke halaman masjid seperti tahun-tahun sebelum pandemi.

Dari awal masuk, Masjid Agung Palembang menerapkan protokol kesehatan atau prokes secara ketat dengan melakukan tes suhu tubuh di beberapa titik gerbang masuk.

Selain itu di ruangan masjid telah diberi tanda jaga jarak antar jamaah, dan jamaah diwajibkan mengenakan masker. 

Baca Juga: Gubernur Sumsel: Wisma Atlet Palembang Disiapkan untuk Isolasi Covid-19

Sementara itu, pada salat id yang berlangsung hingga pukul 6.30 WIB tersebut disambut bahagia oleh jemaah. Elly warga 17 ilir Jalan Sayangan, mengaku senang akhirnya bisa melangsungkan ibadah tersebut di tengah pandemi.

“Alhamdulillah bisa salat id di masjid tidak seperti tahun kemarin yang benar-benar ditiadakan yang penting kita patuh dengan petugas untuk prokes,”ungkapnya, Kamis (13/5/2021).

Meski begitu, ia terlambat mengikuti salat id, gegara pelaksanaannya yang dipercepat. “Tidak ada arahan kalau mulai pukul 6.00 WIB, akhirnya banyak yang tidak bisa ikut salat,”keluhnya.

Pada momen hari raya tersebut salat id diimami langsung oleh Ki. Kgs. H.A Nawawi Dencik Al Hafidz selaku imam besar masjid agung palembang dan yang menyampaikan khotbah merupakan Kaprodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Fatah Palembang, H Ahmad Soleh Sakni.

Babinsa 24 Ilir TNI AD, Zahrudin, yang mengamankan lokasi salat mengatakan telah berkordinasi dengan panitia pelaksana salat id guna memulai salat lebih awal agar mencegah jamaah yang membludak.

Baca Juga: Waspada, Lebaran Idul Fitri Sumsel Dilanda Cuaca Ekstrem

“Jam 6 sudah mulai, jadi jika ada yang telat salat langsung kita arahkan untuk langsung pulang dan salat dirumah,”ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait