alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terjadi Perubahan Bentuk Jari? Bisa Jadi Gejala Kanker Paru-Paru

Tasmalinda Selasa, 24 November 2020 | 09:12 WIB

Terjadi Perubahan Bentuk Jari? Bisa Jadi Gejala Kanker Paru-Paru
Ilustrasi jari-jemari tangan lelaki (Shutterstock).

Waspada terjadi perubahan bentuk jari.

SuaraSumsel.id - Kanker paru-paru terjadi ketika sel-sel abnormal di paru-paru mulai tumbuh di luar kendali. Umumnya, tahap awal kanker paru-paru tidak menimbulkan gejala.

Tapi, gejala akan muncul ketika kanker paru-paru telah menyebar ke bagian tubuh lain. Salah satu gejala kanker paru-paru yang kurang umum termasuk finger clubbing.

"Finger clubbing adalah gejala yang kurang umum dari kanker paru-paru, tapi juga termasuk tanda dari banyak kondisi yang berbeda," kata Amy Hirst, petugas informasi kesehatan Cancer Research UK dikutip dari Express.

Amy Hirst menjelaskan bahwa finger clubbing adalah perubahan bentuk jari atau kuku dan mulai terlihat bengkak. Jika Anda merasa mengalami finger clubbing atau melihat adanya perubahan lain yang tidak biasa pada kuku atau bagian tubuh lainnya, maka segera komunikasikan dengan dokter.

Baca Juga: Jangan Abaikan Suara Serak, Bisa Jadi itu Tanda Kanker Paru-paru!

Cancer Research UK membagi finger clubbing menjadi tiga perubahan spesifik, termasuk: Pangkal kuku menjadi lembut dan kulit di sebelah bantalan kuku menjadi berkilau

Kuku melengkung lebih dari biasanya jika dilihat dari samping ujung-ujung jari yang membesar.

Finger clubbing juga disebabkan oleh pengumpulan cairan di jaringan lunak pada ujung jari

"Kondisi ini disebabkan oleh lebih banyak darah yang mengalir ke daerah itu daripada biasanya. Tapi, kami tidak sepenuhnya mengerti penyebab terjadinya kondisi ini," jelasnya.

Namun, Amy Hirst juga menambahkan bahwa gejala kanker paru-paru bisa berbeda dari orang ke orang. Karena itu, penting untuk memeriksakan masalah kesehatan apapun yang tidak biasa atau belum hilang.

Baca Juga: Benarkah Batuk Perokok Bisa Indikasi Kanker Paru-Paru? Ini Jawabannya!

Hasil CT Scan paru-paru sang pria (BMJ Journal)
Hasil CT Scan paru-paru sang pria (BMJ Journal)

"Apakah itu batuk terus-menerus, sesak napas atau nyeri dada. Jika ada sesuatu yang tidak beres, konsultasikan dan bicarakan dengan dokter Anda," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait