alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringati Sumpah Pemuda, Ikrar Sumpah Pemuda Terpatri di Bukit Serelo

Tasmalinda Rabu, 28 Oktober 2020 | 19:49 WIB

Peringati Sumpah Pemuda, Ikrar Sumpah Pemuda Terpatri di Bukit Serelo
Proses pendakian dan pemasangan spanduk patri Sumpah Pemuda (dok.tim ekspedisi)

Pendakian dan pemasangan spanduk berukuran raksasa di Bukit Selero, Lahat.

SuaraSumsel.id - Peringatan sumpah pemuda tahun ini berlangsung berbeda. Dengan insiasi polisi wanita Kepolisian Daerah dan mahasiswa pencinta alam, ikrar sumpah pemuda terpasang di Bukit Selero, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Aksi pengibaran spanduk ikrar berukuran panjang 15 meter dan lebar 10 meter telah dimulai dengan pemanjatan sejak tiga hari terakhir.

Waka Polres Kota Prabumulih, Kompol Masnoni yang menginisiasikan pemasangan spanduk ikrar sumpah pemuda berukuran raksasa itu mengapresiasikan keberhasilan pembentangan spanduk sumpah pemuda tersebut.

Menurut ia, tidak mudah membentangkan spanduk dengan berat mencapai 70 kilogram tersebut, mengingat kekuatan angin dan tantangan di tebing  pendakian bukit.

“Bersyukur, alhamdulilah tim sukses mengibarkannya di hari Sumpah Pemuda yang diperingati ke 92 tahun ini. Ikrar sumpah itu sudah dipatrikan di bukit yang menjadi icon masyarakat Sumatera Selatan ini,” ujar ia kepada Suarasumsel.id, Rabu (28/10/2020)

Ia pun berharap dengan terbentangnya spanduk ini di dinding tebing akan menjadi semangat yang terpatri bagi pemuda di Sumatera Selatan guna membangun persatuan bangsa ini.

"Para Pemuda harus bersatu. Dengan keberhasilan pengibaran ini menjadi simbol bahwa semua pihak harus mampu membangun bangsa,"ucap ia.

Saat pelepasan tim, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru juga menyampaikan semangat dan makna hari sumpah pemuda tahun ini. Situasi pandemi hendaknya tidak menyurutkan semangat pemuda dalam membangun bangsa.

“Semoga semangat pemuda makin membara,” kata Herman Deru saat pelepasan tim tersebut.

Herman Deru juga berharap para pemuda dapat menjaga lingkungan menjadi lebih lestari, Bukit Selero yang merupakan cagar wisata dan wisata alam harus terus dijaga terutama oleh generasi muda Sumatera Selatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait