Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rumah Warga di Baturaja Barat Terancam Longsor saat Hujan

Suhardiman Minggu, 18 Oktober 2020 | 16:53 WIB

Rumah Warga di Baturaja Barat Terancam Longsor saat Hujan
Rumah warga Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat terancam longsor. (ANTARA/Edo Purmana/20)

pemerintah dapat mengantisipasi longsor susulan dengan membangun talud di sekitar permukiman penduduk di dekat DAS agar tidak menimbulkan kerugian material dan korban jiwa.

SuaraSumsel.id - Sejumlah rumah warga di Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel terancam longsor saat musim penghujan.

"Khususnya rumah kami yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terancam longsor," kata Agusri, salah seorang warga Desa Pusar.

Apalagi, kata Agusri, bencana longsor sudah pernah terjadi pada Kamis (8/10/2020). Hal itu disebabkan intensitas curah hujan tinggi di wilayah itu.

"Dalam peristiwa tersebut sebanyak 11 rumah yang nyaris terbawa arus longsor," ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah dapat mengantisipasi longsor susulan dengan membangun talud di sekitar permukiman penduduk di dekat DAS agar tidak menimbulkan kerugian material dan korban jiwa.

"Longsor dapat terjadi kapan saja. Kami berharap adanya pembangunan talud di sekitar DAS," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten OKU, Ahmad Tarmizi mengatakan, pemerintah daerah setempat akan segera menanggulangi longsor agar tidak membahayakan masyarakat di wilayah itu.

"Longsor yang terjadi di Desa Pusar beberapa waktu akan segera kami tanggulangi agar tidak membahayakan masyarakat," kata Sekda.

Terkait pembangunan bronjong, kata dia, nantinya akan dianggarkan untuk dibangun secara permanen pada 2021 mendatang.

"Kami sudah menginstruksikan Dinas PUBM OKU untuk segera menganggarkan pembangunan beronjong di lokasi longsor tersebut," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait