Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dianjurkan?

Risna Halidi Senin, 21 September 2020 | 19:30 WIB

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dianjurkan?

Pernahkah Anda bertanya, sebenarnya berapa sih durasi tidur yang normal?

SuaraSumsel.id - Bagi sebagaian orang tidur adalah kebutuhan, sebagian lainnya merupakan bagian dari hobi. Ada orang yang mudah tidur dan mudah terbangun, ada juga yang mudah tidur tapi susah bangunnya.

Pertanyaannya kini, berapa sih lama waktu tidur yang dianjurkan? Untungnya, seorang pakar tidur asal Inggris, Neil Stanley punya jawaban dari pertanyaan seberapa lama sebaiknya manusia tidur dalam sehari.

Kata penulis buku berjudul How To Sleep Well tersebut, tidur adalah kebutuhan individual dengan lama durasi yang tepat akan sangat bervariasi tergantung kebutuhan setiap orang.

Ia melanjutkan, durasi tidur paling sedikit adalah empat jam dan durasi paling lama adalah 11 jam.

Sementara, lanjut Stanley, mereka yang mendapatkan tidur kurang dari satu jam setiap hari akan merasakan dampak kesehatan yang berbahaya.

Dilansir Suara.com dari Mirror, tidur selama tujuh sampai sembilan jam adalah jumlah waktu yang disarankan untuk orang dewasa.

Sama seperti mengetahui durasi tidur yang tepat, posisi tidur terbaik juga sangat berbeda tergantung individu. Posisi paling umum untuk orang dewasa adalah posisi seperti janin dengan tidur menyamping dan lutut ditekuk. Dikatakan, 41 persen orang dewasa tidur dengan posisi seperti ini.

Ilustrasi tidur (Pexels)
Ilustrasi tidur (Pexels)

Namun Neil mengatakan tidur telentang adalah 'posisi ideal' karena dapat mengurangi tekanan pada otot dan persendian, asalkan Anda tidak menderita sleep apnea atau masalah mendengkur.

Sementara tidur dengan posisi tengkurap dianggap hanya menawarkan sangat sedikit manfaat.

Jika itu satu-satunya cara Anda bisa tidur, disarankan Anda tidur dengan kepala menyamping pada bantal sehingga Anda memiliki ruang untuk bernapas, yang kemudian akan mengurangi tekanan pada leher.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait